09 September 2017

Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor



Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor
Poster Hantu Jeruk Purut Reborn
Sumber: Bioskoptoday.com

Langkah-langkah kaki tampak memasuki areal pekuburan. Beberapa tubuh sepertinya merinding, tak ingin jauh-jauh dari temannya. Pandangan mata mereka mengedar ke sekitar. Berusaha menemukan sosok gaib yang dicari. Sebagian lain lurus saja, tidak tengok-tengok, berharap tak bertemu apa-apa. Beberapa lainnya seolah menutupi ketakutan dengan terus berbicara. Sisanya, walau tampaknya berani, tapi kalau melihat tingkahnya yang mengikuti “aturan main” sepertinya ya sama saja. Takut juga. Hanya beberapa di antaranya yang mungkin benar-benar berani. Namun, entah mengapa beberapa rombongan ini seperti cari penyakit. Sudah tahu takut malah uji nyali di sana. Mereka adalah orang-orang yang penasaran dengan keberadaan hantu-hantu di TPU Jeruk Purut. Kelompoknya terpisah, namun terkadang kebetulan bertemu di sana pada hari yang sama. Peminat “dunia lain” ini biasanya adalah paranormal, orang-orang indigo, orang dunia hiburan, penyuka dunia gaib, penyuka tantangan, atau mereka yang sekadar penasaran/iseng. Merekalah yang menjadikan areal pemakaman di sana layaknya tempat wisata saat malam hari, atau jujugan untuk mencari benda-benda pusaka. Menjadi wisata horor, sebut saja demikian.

Ngomong-ngomong, apa saja sih “aturan main” di sana? Kata Babe O’ok, sang juru kunci, selain harus berdoa sesuai dengan keyakinan, pengunjung juga tidak boleh melangkahi nisan, berkata jorok, kencing sembarangan, buang sampah sembarangan, atau punya pikiran kosong. Lalu, sering-seringlah bilang permisi. Dan, jika tidak sengaja menyenggol kuburan, jangan panik atau lari. Lebih baik meminta maaf. 

Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor

Patok bukti bekas benteng Belanda
Sumber: Backpackerkw2.blogspot.co.id


Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor
 TPU Jeruk Purut saat sudah teratur
Sumber: Infoteratas.com

Oh ya, sudah tahukah kamu, sebelum menjadi areal pekuburan, TPU Jeruk Purut ini dulunya adalah benteng Belanda lho. Hal itu dibuktikan dengan terdapatnya 3 patok di sana, meski kemudian yang tersisa tinggal 1. Itupun karena yang satu ini adalah satu-satunya yang tak berhasil dihancurkan. Bahkan, waktu itu mesin buldozernya sempat mati dan pengemudinya sempat sakit. Setelah beralih fungsi menjadi pemakaman, TPU Jeruk Purut tak serta merta terang dan teratur seperti sekarang. Tadinya banyak ditumbuhi ilalang dan duri, tidak teratur, serta gelap dan mencekam. Sedangkan penduduk di sana jumlahnya terbilang sedikit dan bisa dihitung. Nah pada saat itulah di tahun 1986, Supri, sang juru kunci (kuncen), bertemu dengan hantu pastur kepala buntung. Beritanya meluas dan membuat masyarakat geger. Bahkan, kisah tentang ini sempat diangkat menjadi film, yaitu Film Hantu Jeruk Purut. Tayang perdana pada 29 November 2006, film yang terinspirasi dari kisah nyata itu berhasil menjadi film horor pertama yang merajai dunia perfilman horor di masanya.

Keangkeran TPU Jeruk Purut masih menjadi tanda tanya bagi banyak orang. Tidak semuanya percaya. Barangkali, sebagian dari orang-orang yang datang tadi juga ingin mencari tahu/membuktikan sendiri kebenarannya. Namun untuk itu syaratnya harus datang malam. Sebab kalau siang, pemakamannya tampak seperti pemakaman biasa. Terdapat perbedaan waktu antara dunia manusia dan dunia jin (alam gaib). Malam di dunia manusia adalah siang di dunia jin. Maka tak heran jika terjadi perubahan suasana di pekuburan itu pada malam hari. 

Beberapa orang pernah menyatakan bahwa kisah-kisah mistis itu benar adanya, termasuk beberapa kuncennya. Babe O’ok, pria yang bekerja sebagai juru kunci di sana sejak tahun 1990, bahkan mewanti-wanti agar berhenti mengambil air dari sumur tertua di sana saat Maghrib tiba. Banyak jin dan kuntilanak, katanya. Kecuali kalau kamu nekat, tanggung sendiri akibatnya. Pernah seseorang mencobanya dan ketika kembali wajahnya sudah berubah pucat pasi.

Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor

Pohon kembar
Sumber: Detik.com

 Sumur tertua memang salah satu spot yang dianggap paling angker di TPU Jeruk Purut. Selain itu masih ada spot lain berupa pohon kembar, pohon Benda, area hantu pastur kepala buntung, dan area tuyul buangan. Di antara semuanya, tantangan yang dianggap paling ringan oleh Babe O’ok adalah pohon kembar. Mereka yang berniat uji nyali, harus melalui spot ini di tahap pertama. Bagi yang berani, siap-siap saja disambut oleh 2 jin wanita penunggunya. Barulah kemudian menuju ke spot-spot lain. 

Area hantu pastur kepala buntung adalah tempat di mana hantu pastur itu muncul. Ia berpakaian layaknya pastur dan menenteng kepalanya. Bersamanya, ada seekor anjing hitam yang besar. Konon, jika ingin bertemu hantu tersebut, pengunjung harus berjumlah ganjil dan datang pada malam Jumat. Ada juga yang bilang jam 12 malam keluarnya. Hal itu dibenarkan oleh sang juru kunci. Wisata mistis biasanya berlangsung mulai pukul 23.00-03.30 WIB. Sedangkan hantunya biasa bergentayangan mulai pukul 00.00-02.00 WIB. 

Spot selanjutnya adalah area tuyul buangan, yaitu tempat tuyul-tuyul yang tidak bisa mencari uang dibuang oleh majikannya. Tuyul-tuyul itu berwarna hitam kata si Babe, karena sudah tidak dipelihara oleh majikannya. Nah di level tertinggi, barulah mereka menuju ke Pohon Benda. Di pohon tertua di TPU itu, banyak sekali penunggunya dan juga benda-benda pusaka yang hanya bisa ditemukan oleh “orang-orang sakti”. Dari kesaksian mereka yang pernah ke sana, di Pohon Benda ini sudah ada yang pernah meninggal karena berbuat aneh-aneh. Beberapa orang mengaku mencium aroma melati yang menyengat. Konon, aroma itu adalah pertanda kehadiran kuntilanak. Kesaksian lain berasal dari seorang cewek indigo, Naomi Angelia. Ia mengaku bertemu hantu nenek. Ada juga pengunjung yang merasa diikuti, dan ada pula yang melihat beberapa makhluk kecil berlarian di antara semak-semak pohon itu. Mereka bukan anak kecil, tetapi entah apa.

Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor
Makam keramat
Sumber: Pegipegi.com

Spot horor lain adalah makam keramat, yaitu makam makam Syeikh Salim atau Habib Salim. Ia adalah seorang tokoh Islam yang dikagumi di Jakarta, terutama di daerah Jeruk Purut. Makam ini sering disalahgunakan orang untuk meminta dikabulkan hajatnya, sehingga membuat tempat ini disukai banyak jin. Kata Babe O’ok, cukup dengan duduk bertiga di dekat batu nisan tersebut, maka kamu akan bisa melihat hantu di sekitarnya. Tanpa sengaja, teman pegipegi melakukannya. Alhasil satunya dicolek makhluk halus dan satunya lagi tiba-tiba mengalami sakit kaki yang aneh. Rasa sakitnya berpindah-pindah mulai dari kaki, pantat, hingga kembali lagi ke kaki. Sedangkan Edo, editor Bukune, menceritakan pengalaman yang berbeda. Ia sempat mendengar suara tangisan sewaktu berada di makam sang habib.

Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor
Pohon benda
Sumber: Mluckyramadhany.blogspot.co.id

Cuma itu? Tidak. Selain hantu pastur kepala buntung, tuyul, dan kuntilanak masih ada banyak jenis makhluk gaib lainnya. Penjaga lain pernah bertemu dengan genderuwo. Begitupun Funi (editor Bukune) dan Naomi Angelia. Di dalam bukunya, Jangan Dengerin Sendiri (JDS), Naomi sempat menuliskan kisah pertemuannya dengan genderuwo di pohon kembar. Kalau kata Babe O’ok, ada juga hantu cewek yang meninggal bunuh diri karena disakiti cowoknya dan suka menggoda cowok, hantu bakar diri, hantu anak kecil, dan juga kuntilanak. Widih, rame amat ya penghuninya! Pohon kembar ini level terendah kata si Babe. Serius kamu pengen coba? 

Ada pula siluman ular, wanita tua, hantu lelaki muda, hantu lelaki tua, hantu wanita berkebaya, dan pokoknya banyak deh. Lain Babe O’ok lain pula Kardi. Meski sama-sama juru kunci di sana, Kardi bilang di Jeruk Purut tidak ada hantu. Yang ada hanyalah makhluk gaib berupa buaya buntung dan ular berkepala manusia (siluman ular). Buaya buntung yang dimaksud biasa mendekam di kali krukut, kali yang ada persis di jalan menanjak di antara jalan Cilandak dengan Antasari. Ia selalu menelan korban setiap 2 tahun sekali. Tak diketahui apakah Kardi melihat sendiri atau tidak tetapi begitulah yang diyakininya. Sedangkan siluman ular, sosoknya pernah tertangkap langsung, walaupun tak sempat terekam oleh kamera.  Pada waktu ada shooting di Pohon Benda, ia terlihat sedang menuruni pohon itu menuju ke tanah. 

 Kesurupan saat press conference HJP Reborn
Sumber: Grid.Id

Di tahun ini, tepatnya tanggal 14 September nanti, film tentang hantu pastur kepala buntung kembali dirilis. Judulnya Hantu Jeruk Purut Reborn (HJP Reborn). Tahu tidak hari itu hari apa? Hari Suro. Hari yang dikeramatkan oleh beberapa masyarakat Jawa, yang erat kaitannya dengan “dunia lain”. Hari Kamis pula. Ini momen sekali ya. Agaknya, pembuat film ini sengaja memilih hari itu untuk menambah kesan seramnya. Sebelumnya, di saat press conference juga begitu, diadakan di tempat yang anti mainstream. Di mana lagi kalau bukan di TPU Jeruk Purut. Di dalam kompleks pemakamannya lagi. Iya, layar untuk pemutaran trailernya dipasang di tengah-tengah makam. Ditambah waktu itu malam Jumat.  Tak pelak akhirnya acara itu ikut dihadiri oleh “tamu tak diundang”. Mereka yang tidak percaya dengan makhluk gaib di sana dan kebetulan hadir, bisa menyaksikan sendiri, mendadak ada seorang warga yang kerasukan/kesurupan. Dua puluh tujuh Juli dua ribu tujuh belas, di press conference HJP reborn, makhluk dari dunia lain itu seolah menjadi saksi bahwa keberadaannya itu nyata. Mereka benar-benar ada di sana. Dan kalau kamu tahu, Shanker sendiri, selaku produser dari HJP reborn, menemui kejadian aneh 4 hari sebelum press conference itu. Ia melihat seorang driver Gojek mengantar penumpang gaib ke sana. 

“Empat hari lalu ada Gojek entah kenapa dia antar penumpang ke sini (TPU Jeruk Purut), tapi pas sampai sini orangnya nggak ada,” lanjut Shanker saat jumpa pers di lokasi TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2017).

Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor
 TPU Jeruk Purut
Sumber: Bintang.com

Pemakaman Jeruk Purut memang dikenal sebagai salah satu pemakaman terluas di Jakarta yang angker. Tidak hanya di dalam kompleks pemakaman, tetapi juga di luarnya atau di area sekitarnya. Misalnya kasus buaya buntung dan Gojek tadi. Pernah juga dulu, ada 2 pemuda sedang pulang dari suatu acara. Salah satunya tidak percaya dengan keberadaan hantu pastur kepala buntung ini. Eh, pas lewat di daerah Jeruk Purut, tiba-tiba mobilnya mogok dan lampunya menyala sendiri. Ketika mereka memutuskan untuk masuk ke dalam mobil, keduanya dikejutkan dengan kehadiran si hantu pastur tersebut. Setelah itu mendadak mobilnya menyala sendiri, tetapi tidak bisa di-gas. Padahal, angka spidometernya sudah maksimal. Baru setelah hantunya menghilang mereka bisa membawa mobil itu kembali. Tetapi sungguh aneh, kecepatannya sangat pelan. Mereka baru bisa sampai di rumah saat fajar. Kok bisa ya? Padahal, mereka tidak berjumlah ganjil dan tidak melakukan “ritual” mengelilingi kuburannya 7 kali. Barangkali, aturan itu hanya berlaku bagi yang sengaja ingin ketemu. Tetapi, di sini saya menyoroti bahwa kehororan itu bisa juga terjadi di luar kompleks pemakaman. Ya seperti yang terdapat di teaser Hantu Jeruk Purut Reborn, bisa saja terjadi “sesuatu yang tak terduga” dengan mobil kita. Saya juga sempat merasa agak horor dengan cerita dari Mariska Tracy di blognya. Ketika dia memposting foto wefie-nya di dalam bis saat pulang dari TPU Jeruk Purut, eh ada cewek indigo yang mengomentari, katanya di bagian belakang dan samping bus itu ada hantu yang ikutan nampang.

Film Hantu Jeruk Purut Reborn dan Kisah Nyata Berkembangnya TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Horor
Foto wefie yang dikatakan disertai penampakan serem
Sumber: mariskatracy.com

 Buat kamu-kamu yang sudah tahu betapa seremnya kisah nyata tentang hantu TPU Jeruk Purut seperti di atas, apalagi yang sudah nonton Film Hantu Jeruk Purut, pasti penasaran dong dengan Film Hantu Jeruk Purut Reborn. Sang sutradara, Nayato Fio Nuala (Koya Pagayo), kembali hadir dengan film-film seramnya. Di sana, kamu juga akan bertemu lagi dengan Sheila Marcia dan Angie Yulia yang sudah tak diragukan lagi kualitas aktingnya. Mengapa hantu Jeruk Purut kembali lagi setelah 10 tahun berlalu? Seberapa seram film ini dibanding film Hantu Jeruk Purut sebelumnya? Tak kalah seram pastinya. Coba saja lihat teasernya/trailernya di bawah ini!



Tapi ingat ya, ini bukan kisah nyata, hanya terinspirasi dari kisah nyata. Ditambah dengan bumbu-bumbu yang membuatnya makin menarik untuk ditonton. Catat tanggal rilisnya: 14 September 2017. Kalau kamu penakut, jangan nonton sendirian deh! Asyik-an juga sama teman. Iya, nggak?

#LombaHantuJerukPurutreborn



Sumber:
https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3258576/wisata-horor-ke-tempat-syuting-hantu-jeruk-purut-berani
http://backpackerkw2.blogspot.co.id/2010/03/sssttt-ternyata-nggak-ada-hantu-di.html
https://posfilm.com/11-tahun-terkubur-september-2017-shanker-bangkitkan-kembali-hantu-jeruk-purut/
https://www.pegipegi.com/travel/serunya-wisata-mistis-di-tpu-jeruk-purut-jakarta/
http://ceror.blogspot.co.id/2015/04/kisah-nyata-hantu-jeruk-purut-pastur.html
http://mariskatracy.com/2014/10/bercanda-di-tpu-jeruk-purut/
http://ulinulin.com/posts/menjelajah-wisata-mistis-tpu-jeruk-purut-di-jakarta