20 September 2018

Bahaya Melalaikan Sholat yang Jarang Disadari


Bahaya Melalaikan Sholat yang Jarang Disadari


Mungkin sudah banyak artikel, buku, maupun ceramah yang mengajarkan tentang keutamaan sholat tepat waktu. Ketika dulu saya mengatakan tentang sholat tepat waktu (untuk menyebut sholat tepat setelah azan), ada yang protes. Dia bilang, dia sholat tepat waktu, maksudnya, misalnya sholat Maghrib ya waktunya sampai sebelum Isya. Sedangkan sholat tepat setelah azan dibilangnya sholat di awal waktu. Whatever lah ya. Yang jelas di sini, yang saya maksud sholat tepat waktu ya begitu azan langsung sholat, begitu.

Saya tidak terlalu membahas dari sisi agama yang pastinya sudah sering dibahas. Tentang keutamaan sholat tepat waktu dan sebagainya. Saya lebih membahas ke bahayanya, potensi bahayanya, atau mungkin hal-hal yang sering terabaikan. Mungkin ada di antara kita yang pernah melakukannya baik sengaja atau tidak, yang kemudian jatuh pada meninggalkan sholat. Padahal, sholat itu tiang agama, dihisab pertama kali, dan sebagainya.

Bahaya Melalaikan Sholat yang Jarang Disadari

Berikut ini beberapa bahaya tidak segera sholat dan (atau) tidak sholat tepat waktu:

1.      Sudah masuk waktu sholat, tetapi belum sholat, lalu haid.
2.  Sudah selesai haid tapi tidak segera bersuci, akhirnya masuk waktu sholat berikutnya.
3.      Sudah masuk waktu sholat tetapi tidur dulu/beraktivitas lain, lalu kelewatan/lupa.
Kadang jadi bingung, sudah sholat apa belum ya?
(yang ini mungkin lebih ke lupa, bukan lalai)
4.  Sudah masuk waktu sholat tetapi belum sholat, lalu meninggal. Dan sebagainya.

Nah, di sini saya berpikir, apakah itu tidak termasuk meninggalkan sholat juga?

Sebagai bentuk kehati-hatian, lebih aman kalau kita bersegera sholat begitu azan dan kondisi sudah memungkinkan (misal haid tadi). 

Nah, ternyata masih ada yang harus kita perhatikan juga terkait sholat, yaitu qada salat setelah haid/menstruasi. Aturannya dijelaskan dalam tabel berikut:


Sumber: Al Majmu' Tuhfah Al Muhtaj Al Taqrirat Al Sadidah

Jadi, bukan karena kita males sholat trus kebetulan haid dilama-lamain/disantai-santaiin nggak kunjung bersuci dan sholatnya lewat gitu aja. Ada aturannya. 
Dan sebenarnya konsepnya itu kan sholat itu tentang perjumpaan dengan Tuhan. Kita senang berjumpa dengan Allah, "laporan" tiap hari, curhat dan memohon setiap waktu karena hidup banyak keperluan, banyak masalah, plus kitanya juga banyak dosa. Ya memang itu ibadah wajib tapi kita yang butuh gitu.
Jadi, lebih hati-hati ya dengan sholat kita. 



Sumber gambar: Pejagan.com