31 Maret 2018

Takut Difoto, Ada Apa?


Takut Difoto, Ada Apa?
 Memoto/memotret

Pada zaman sekarang ini kita mudah sekali menjumpai orang-orang melakukan swafoto (selfie) maupun foto bersama. Apa saja dijadikan objek foto, bahkan terkadang sampai berhubungan dengan tempat-tempat atau situasi berbahaya.

Berbeda dengan manusia, bangunan-bangunan itu tampak malu-malu. Di tengah mereka memberikan pelayanan terhadap publik, mereka menolak untuk difoto. Baik melalui tulisan “Dilarang mengambil foto, video, atau merekam tempat ini” ataupun dengan bodyguard-nya, yang terkadang resmi (satpam) dan terkadang tak dapat diidentifikasi. 

Mengapa sangat rahasia? Di era transparansi publik, banyak tempat malah seperti main kucing-kucingan. Baik tempat pelayanan publik milik pemerintah ataupun swasta seperti fobia difoto. Semua orang dicurigai seolah-olah wartawan. Hal yang malah menimbulkan pikiran di otak saya, apa yang disembunyikan? Begitu takutnya mereka untuk difoto mengindikasikan mereka pasti ada apa-apanya. Mereka yang tidak jujur seringkali demikian, takut belangnya terbuka.


Sumber gambar: http://wwwrtu-kikie.blogspot.co.id