15 Januari 2018

5 Rahasia agar Hidup Lebih Berarti




5 Rahasia agar Hidup Lebih Berarti


Waktu yang kita miliki terbatas. Namun, pilihan kita di dalam memanfaatkan waktu hampir tak terbatas. Oleh karena itu, hidup kita ditentukan dari ketepatan kita di dalam memilih bagaimana penggunaan waktu tersebut.

Setiap orang tentu ingin bahagia. Tetapi, bahagia di sini bukanlah kesembronoan seperti yang dimaksud oleh sebagian orang, seperti “Jangan khawatir, bersenang-senang sajalah” lalu orang-orang tersebut meminum minuman keras, melakukan seks bebas, atau semacamnya. Kebahagiaan di sini adalah kebahagiaan sejati, dari kebermaknaan hidup. Artinya, hidupnya berarti.

John Izzo menjelaskan di dalam bukunya Lima Rahasia yang Harus Anda Temukan Sebelum Meninggal, ada 5 rahasia agar Anda memperoleh kebahagiaan yang sebenarnya, yaitu:
1.     Jujurlah pada diri sendiri
Yaitu dengan cara: mengikuti kata hati, memusatkan pada hal-hal yang sangat berarti bagi diri sendiri, dan menjadi pribadi yang diinginkan oleh dirinya.

2.     Jangan menyimpan penyesalan
Hiduplah dengan keberanian, ambillah risiko lebih banyak, melangkahlah menuju apa yang diinginkan, dan milikilah kemampuan untuk mengatasi kekecewaan.
Hiduplah seolah-olah waktu yang Anda miliki singkat, dan Anda tidak tahu pada sisa waktu itu hidup Anda akan mudah atau sulit. Bayangkan umur Anda tinggal 6 bulan lagi misalnya. Apa yang akan Anda lakukan untuk mengisinya?
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyesalan:
a.     Mencintai diri sendiri
b.     Memilih untuk memandang orang dengan kebaikan hati (berfokus pada kebaikan orang lain dan hal-hal yang kita sukai darinya)
Studi yang dilakukan oleh sebuah universitas terkenal menunjukkan bahwa rata-rata di dalam rumah, rasio antara pesan negatif dan pesan positif adalah 14:1. Untuk setiap komentar positif yang kita lontarkan kepada anggota keluarga, kita melontarkan hampir 14 komentar bernada kritik.
Studi serupa juga menemukan bahwa salah satu unsur yang ditemukan di dalam pernikahan bahagia yang langgeng adalah rasio komunikasi 7:1 (komentar positif banding negatif).

3.     Menjadi cinta
Sebisa mungkin, berbuat baiklah kepada setiap orang tetapi jangan pernah melakukan kejahatan. Hadirkanlah cinta sebagai sebuah sikap di seluruh kehidupan. Prioritaskan manusia dan hubungan daripada benda-benda, dan luangkan waktu bersama orang-orang yang membangkitkan semangat.

4.     Menikmati setiap saat
“Jangan biarkan hal-hal negatif dalam hidup Anda menguasai Anda. Masalah akan selalu ada, bahkan dalam situasi yang tidak menguntungkan sekalipun, carilah sesuatu yang baik, Anda pasti akan menemukannya.” (Rufus Riggs, 63 tahun)
Jangan terlalu memikirkan masa lalu atau masa depan, tetapi jalanilah dengan penuh rasa syukur dan tujuan. Pandanglah setiap hari sebagai karunia yang tak terhingga, lalu pergunakan untuk hal-hal yang jauh lebih signifikan. Kita harus menghapus kata BOSAN, kemudian sepenuhnya hadir dan menikmati apapun yang kita hadapi saat itu. Selain itu, kita mampu untuk melatih pikiran kita. Pilihlah untuk selalu merasa senang dan bersyukur.
Aturannya adalah:
a.     Jika ada sesuatu yang layak untuk dikerjakan, kerjakanlah dengan sepenuh hati.
b.     Kita mempunyai kekuatan untuk membentuk pikiran.
Ingatlah, kita belajar secara alami dengan memberi perhatian dan bereksperimen. Setiap hari, bangunlah dengan rasa syukur dan fokuslah selalu pada hal-hal baik yang terjadi di hari itu. Kita tidak bisa mengatur hasil yang kita peroleh tetapi kita bisa mengatur reaksi kita atasnya.

5.     Memberi lebih banyak daripada yang Anda terima
Tanyakan pada diri sendiri:
a.     Apakah minggu ini saya sudah menjadikan dunia tempat yang lebih baik?
b.     Apakah saya sudah membuat perubahan walau saya tidak bisa melihatnya?
c.     Apakah minggu ini saya sudah bersikap baik, murah hati, dan dermawan?

Nah, Anda sudah mengetahui kelima rahasianya. Pilihlah rahasia mana yang paling membutuhkan perhatian Anda saat ini lalu dahulukan. Tuliskan di dalam kartu pengingat dan bawalah ke manapun Anda pergi. Bacalah berkali-kali dan terapkanlah isinya dengan penuh kesadaran. Bila sudah mengalami perbaikan di dalamnya, lakukan lagi untuk mengubah rahasia yang lainnya.


Sumber gambar: Flickr