Punya
hobi belanja tapi hanya buang-buang uang? Rugi sekali. Sudah banyak lho orang
yang bisa memanfaatkan hobi ini untuk mendapatkan uang berlimpah. Saat Anda
masih buang-buang uang, mereka sudah kaya raya. Yakin tidak tertarik?
Sadar
atau tidak para penghobi belanja biasanya memiliki beberapa kelebihan yang tak
dimiliki oleh orang lain. Kelebihan itu misalnya terletak pada kemampuannya dalam
memilih produk-produk yang berkualitas, kepandaian menawar, pengetahuan
mengenai harga, bahan, tren, tempat-tempat yang menjual dengan harga murah, kapan
harga barang jadi murah/turun, dan sebagainya. Jika ingin mendapatkan
penghasilan berlimpah, Anda harus bisa memanfaatkan modal-modal tersebut dengan
sebaik-baiknya. Bagaimana caranya?
Caranya
adalah dengan mengetahui peluang penghasilan apa saja yang berasal dari hobi itu,
misalnya sebagai berikut:
1. Mengunggah
video yang berkaitan dengan barang belanjaan
Bethany
Mota sangat hobi berbelanja. Hobi tersebut sudah terlihat sejak dia berusia 14
tahun. Dia sering pergi ke mall/butik dan selalu berdandan/berpenampilan
stylish. Setiap selesai berbelanja diunggahnya barang yang dibeli tadi ke
Youtube dan Instagram. Kedua medsos tersebut mempunyai follower yang sangat
banyak. Usut punya usut hal itu dikarenakan video-video di dalamnya sering menjadi
jujugan bagi para gadis sebelum mereka berbelanja ke mall. Tak heran jika di
usia 18 tahun Mota sudah bisa menghasilkan lebih dari US$ 1 juta atau Rp. 12,8
miliar dalam waktu singkat. Sebagian dari pendapatan tadi kemudian digunakannya
untuk membeli rumah yang lebih besar bagi orangtuanya.
Selain
itu, Mota juga punya bisnis sendiri berupa bisnis perhiasan, pakaian, serta
kaos dan sweater, dan sempat pula ditawari untuk menjadi model majalah gosip.
Bethany Mota
Sumber: https://twitter.com/alia_loves_beth
2. Menjadi
kolumnis majalah fashion
Fumi
Nikaido hobi sekali berbelanja dan tampil dalam berbagai gaya. Dia sering hunting
ke toko-toko baju bekas dan mencari baju bermodel unik. Berkat hobi itu aktris
kelahiran Okinawa ini didaulat oleh tiga majalah fashion untuk menjadi penulis
kolom (kolumnis) di majalah mereka.
3. Membuka
toko dengan produk hasil desain sendiri
Berawal
dari hobi belanja dan keinginan untuk menghadirkan busana muslim yang bermotif,
syar’i, dan stylish Dewi Permata Sari mulai berbisnis hijab dan baju muslimah.
Dia ingin mematahkan pandangan orang bahwa hijab membuat penampilan tampak kuno
dan tidak fashionable. Dia kemudian menggambar desain baju dan hijabnya,
membeli bahannya, lalu mencoba menjahit dan memasarkannya sendiri dengan merek Kiciks.
4. Membuka
toko dengan produk yang dibelinya
Berbeda
dengan Dewi Permata sari, Dinda Dwi Alhidayah membuka butik yang jualannya
berupa barang-barang yang pernah dibelinya. Jadi ceritanya Si Dinda ini suka
asal beli tanpa peduli akan dipakai atau tidak barangnya. Jenisnya macam-macam,
mulai dari pakaian, sepatu, tas hingga aksesoris. Barang-barang itulah yang
kemudian dijual di butiknya yang dinamakan BoutiQueenze.
5. Menjadi
etalase berjalan
Bisnis
milik Aldila Dipamela terbentuk secara tidak sengaja. Penghobi belanja ini
hanya memakai hasil belanjanya ke sekolah, seperti aksesoris kecil, jam tangan,
serta tas tanpa bermaksud promosi. Namun, ternyata teman-temannya tertarik
dengan barang-barang itu. Akhirnya sekalianlah Aldila berpromosi via online dan
dari mulut ke mulut serta membuka toko di rumah. Lambat laun kemudian muncul
keinginannya untuk menjual barang produksi sendiri sehingga terciptalah kelom
geulis dan kain rajut bercita rasa modern.
Menjadi
etalase berjalan selain dilakukan oleh Aldila juga dilakukan oleh Delia
Septianti, mantan vokalis band Ecoutez. Bedanya, Delia sengaja memakai baju
dari butiknya dengan tujuan promosi. Penghobi belanja ini sering berbelanja ke
Hongkong dan Bangkok untuk mengisi butiknya meskipun ada juga produk di
butiknya yang berasal dari desain sendiri.
6. Dari
online ke online
Dari
hobinya berbelanja online, Alice Norin kemudian membuka toko online bernama
8WOOD. Di sana dia menjual pakaian, sepatu serta aksesoris.
Online shop
Sumber: Pixabay by Ariapsa
7. Menawarkan
langsung ke orang terdekat
Niat
mulia untuk membuka lapangan kerja membuat Niken Agustin terjun di dunia
wirausaha. Wanita penghobi belanja ini sejak SMA sudah menjual jilbab ke
teman-temannya. Sempat pula membuka butik namun gagal. Setelah itu dia bangkit
lagi dengan berjualan via online dan pameran. Produknya bermerek NA Hijab.
8. Review
produk
Ulaslah
barang yang Anda beli lalu publikasikan via online. Dari situ nantinya Anda
bisa mendapatkan penghasilan.
9. Mendirikan
e-commerce
Penghobi
belanja ini sudah menyukai fashion sejak kecil. Khairiyyah Sari namanya. Dia
sangat menyukai berbelanja di situs belanja internasional seperti Ebay, tempat beberapa
selebriti Hollywood melelang barang-barang pribadinya. Terinspirasi dari sana, Sari
kemudian mendirikan e-commerce khusus barang-barang pre-owned milik selebriti yaitu
Bebelian.com. Namun, sebelum benar-benar membukanya dia melakukan tes pasar terlebih
dahulu. Caranya adalah dengan membuat toko online khusus tas bermerek milik
selebriti lokal. Karena ternyata sukses maka jadilah Bebelian.com dibuka dengan
menggandeng Dewi Rezer sebagai partnernya.
10. Menerima
titip belanja
Biasanya
saat orang pergi atau berbelanja ada yang titip minta dibelikan sesuatu juga.
Nah itu merupakan prospek yang bagus untuk bisnis. Kembangkan saja!
11. Mystery
shopper
Mystery
shopper adalah penghobi belanja yang dibayar oleh perusahaan untuk menyamar
sebagai konsumen biasa dan melakukan review terhadap suatu produk berupa barang
atau jasa. Mereka ditugaskan untuk membeli beberapa item dan melaporkan pengalaman
berbelanjanya itu dengan jujur. Pekerjaannya freelance dan dia dibayar sesuai
dengan kesepakatan.
Seorang
mystery shopper memiliki tugas utama untuk mencari tahu apakah kualitas barang
atau prosedur layanan yang dilakukan oleh karyawan sudah baik. Perusahaan memang
sengaja melakukan ini untuk menilai layanan dari suatu gerai atau merek
tertentu.
Jika
Anda berminat menjadi mystery shopper Anda perlu memiliki reputasi yang baik
kepada setiap penyewa jasa, bersikap profesional, dan tidak overacting. Overacting
sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kecurigaan dari pengawas atau staf
toko yang sedang dikunjungi.
Belanja
Sumber: Pixabay by Heblo
12. Personal
shopper
Personal
Shopping adalah suatu pekerjaan memberi masukan dan usulan kepada pembeli. Pekerjanya
disebut dengan personal shopper atau fashion stylist. Umumnya mereka berfokus
pada busana, meskipun ada juga yang bergerak dalam bidang non-busana seperti
elektronik, furniture, obat; kebutuhan sehari-hari di supermarket, dan
lain-lain. Banyak dari mereka yang bekerja pada toserba atau butik, walaupun
ada juga yang bekerja lepas atau bekerja secara online. Beberapa di antara yang
bekerja lepas berhubungan dengan sejumlah toko atau butik sehingga mereka tahu
bila ada model terbaru yang akan terbit atau masa obral. Mereka akan
mendapatkan komisi dari setiap barang yang terjual plus pembayaran dari
pengguna jasanya. Siapakah pengguna jasanya? Kebanyakan adalah para artis yang
tidak ingin tampil di muka umum. Biasanya tarif yang dikenakan per jam atau berdasarkan
persentase dari total belanja.
Jadi,
secara spesifik, tugas dari personal shopper adalah memberi masukan
kepada pelanggan tentang mode yang sedang tren, apa yang bagus untuk pelanggan
sesuai dengan karakternya/acara yang diikuti/musim/lainnya, membelikan barang
yang diinginkan/dibutuhkan oleh pelanggan, menemukan barang-barang yang match
untuk dipakai, dan mengajarkan kepada mereka untuk menjadi pembeli cerdas yang fashionable
tanpa harus menjadi korban mode.
Orang
yang hobi belanja cocok dengan pekerjaan ini karena dapat keluar masuk dan
berbelanja di toko atau butik. Sayangnya, pekerjaan ini masih jarang ditekuni
di Indonesia.
Yah,
begitulah, peluang usaha dari hobi belanja memang larinya tidak jauh-jauh dari kegiatan
jual beli. Bisa dengan cara menjadi member, reseller, affiliate marketer,
membuat toko online, atau lainnya.
Nah,
setelah membaca peluang-peluang di atas, adakah yang menarik dan cocok bagi
Anda?
Ini adalah kontes menulis cekaja
Sumber:
Koran
Sindo Jabar Edisi 23 Maret 2016 Halaman 9 dan 10
http://beta.tirto.id/20160323-media-cetak/bangkit-berkat-mata-kuliah-bisnis-77458/
http://daerah.sindonews.com/read/961643/151/transformasi-hobi-jadi-bisnis-1423370977
http://tabloidnova.com/Selebriti/Berita-Aktual/Berkat-Hobi-Belanja-Fumi-Nikaido-Jadi-Kolumnis-Tiga-Majalah-Fashion
http://www.hellocikarang.com/leisure/tempat-belanja/228-jadikan-hobi-belanja-menjadi-sebuah-penghasilan
http://bisnis.liputan6.com/read/2181385/gadis-ini-mampu-hasilkan-miliaran-rupiah-karena-doyan-belanja
http://ekosutris.blogspot.co.id/2014/01/mota-selebritas-youtube-baru-dari-amerika.html
http://www.ayopreneur.com/selebriti/ubah-hobi-belanja-jadi-bisnis
http://www.silanghati.com
http://www.seekmi.com
http://www.centroone.com/lifestyle/2015/03/3ar/alice-norin-dapat-berkah-dari-hobi-belanja/
http://bisnisukm.com/menginspirasi-muslimah-dengan-memulai-bisnis-hijab.html
http://aboutcirebon.id/dari-hobi-berbelanja-yang-dinda-punya-lahirlah-boutiqueenze/
https://www.facebook.com/notes/garlick-store/did-you-know-personal-shopper-pekerjaan-yang-berawal-dari-hobi-belanja-/352480801435423/
https://id.techinasia.com/kisah-sukses-khairiyyah-sari-bebelian
http://news.okezone.com/read/2013/12/06/370/908587/10-hobi-penghasil-uang