12 Juni 2023

Review Buku "Do One Thing Different"

"Do One Thing Different," and other uncommonly sensible solutions to life's persisten problems

Penulis: Bill O'hanlon


Do One Thing Different


"Do One Thing Different" adalah buku tentang problem solving skills. Dia adalah buku terapi berorientasi solusi/terapi berbasis solusi yang tebalnya 200-an halaman dan terdiri dari 3 bab/bagian.

Penulis mengkritik problem solving di dunia psikologi dan psikiatri karena menurutnya kurang solutif. Empat alasan kurang solutifnya tersebut disebutkannya di dalam buku ini.

Bagiku, ini buku yang gue banget. Di tengah-tengah lautan buku psikologi dan psikiatri yang isinya seperti kembar (seperti cuma ganti cover), dia tampak menyolok/beda sendiri.

Psikologi banyak yang hanya memberikan penjelasan tentang ciri-ciri, latar belakang, bahayanya, gitu-gitu, sementara pembaca masih blunder gimana solusinya. Kalaupun ada kadang susah diterapkan atau berisiko tinggi, atau sebaliknya, hanya membahas hal-hal mendasar yang seperti buku non psikologi.

Kamu akan sulit mendapat solusi yang berbeda. Mereka terlalu homogen, abstrak, atau seperti terlalu ngeplek (persis) ajaran saat kuliahnya dulu (kurang mengembangkan diri sendiri).

Sementara buku "Do One Thing Different" ini beda. Dia bener-bener solutif. Dia memberikan pencerahan, insight, perspektif baru, dan berbagai pendekatan kreatif yang bisa kamu coba dalam memecahkan masalah. Penulis memberimu banyak alternatif di dalamnya.

Saat membacanya, seketika aku merasa menjadi lebih kreatif (kreativitasku meningkat). Kemampuan berpikirku jadi meluas. 

Ini adalah salah satu buku decision making and problem solving favoritku. Tentang problem solving terutama. Meskipun dia tidak secara langsung berisi decision making process, tetapi problem solving dan decision making itu bisa sangat berhubungan. Kalau kamu bisa mengubah titik utama masalahmu atau membuat masalahmu jadi mendingan (membaik), keputusanmu/decision making kamu pun hasilnya bisa berubah. 

Pertama baca buku ini, aku berpikir bahwa terapi solutif semacam yang ada di buku ini itu baru. Tapi kemudian aku menemukan ada buku-buku bertema serupa yang judulnya terang-terangan memuat kata terapi berbasis solusi. Dari beberapa yang sempat kulihat, tahun terawal adalah terbitan 1992. Jadi, aku nggak tahu apakah metode itu memang diajarkan di psikologi (meskipun mungkin isinya berbeda) atau merupakan pengembangan dari penulis itu sendiri (Bill O'hanlon). Aku juga nggak tahu isinya sama apa nggak. Mungkin kondisinya semacam hubungan antara buku "The Art of Thinking Clearly" dengan buku-buku yang serupa dengannya. Cuma, sepertinya buku "The Art of Thinking Clearly" lebih beruntung dari buku "Do One Thing Different" ini karena bisa laris manis di pasaran, sementara saat aku ngecek SEO dari buku "Do One Thing Different" ini sepi banget pencariannya.

Yang jelas, antara buku "Do One Thing Different" dengan buku-buku sejenis sudah beda banget dari segi cover dan judul bukunya. "Do One Thing Different" ini cover dan judulnya lebih menarik, isinya juga sistematis, enak dibaca, serta mudah dipahami. Pokoknya enjoy gitu bacanya. Pendek-pendek juga bahasannya, cukup enak untuk mata dan otak (daya fokus). 

Meskipun demikian, dia juga mengandung metode/bahasan yang tidak kusukai, yaitu pada salah satu solusi yang diberikannya kepada seorang g4y. 

Akan tetapi, pada akhir bukunya penulis telah memberi kebebasan untuk memilih atau menerapkan yang cocok-cocok saja (yang kamu banget aja).

Intinya sih, mau masalahnya terpecahkan atau tidak setidaknya kamu sudah berusaha. Nggak terpecahkan juga kadang nggak pa pa, yang penting kondisi kamu mendingan (membaik). Kalau kamu punya masalah dan kamu bereaksi/menanggapinya dengan gitu-gitu aja, maka hasilnya kurang lebih akan sama. Cobalah 1 hal yang berbeda, misalnya dengan cara-cara yang dijelaskan di dalam buku ini.

Dan jangan lupa, mengubah orang lain itu biasanya antara susah dan mustahil. Sementara cara yang ditawarkan oleh buku ini adalah cara-cara yang memungkinkan kamu untuk melakukan sesuatu sendiri. Dengan kamu melakukan perubahan kecil, masalahmu berpotensi untuk membaik/menghilang.

Coba deh baca. Bagus pokoknya.

Buku "Do One Thing Different" ini sangat kurekomendasikan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.