16 Maret 2023

Review Buku "The Harmonious Way"

The Harmonious Way : a success guide to selecting a compatible mate

Penulis: Aaron Turpeau


The Harmonious way


"The Harmonious Way", judul yang tidak biasa untuk buku-buku tentang pencarian jodoh. Untung ada sub judulnya. 
Dari segi cover pun tidak terlalu menarik.

Sementara itu, untuk isinya juga mainstream/tidak terlalu ada pembedanya/diferensiasi dari buku-buku sejenis.

Ada bahasan uang/cinta, LDR (Long Distance Relationship), keuangan (finansial), s*ks, acceptance (pengenalan dan penerimaan diri), kesuksesan/keberkahan diri/pasangan (visi/misi/rencana ke depan), dan sebagainya. 

Pembedanya/yang jarang kutemui pada buku lain adalah tentang keluarga, teman, dan pekerjaan. Terutama pada bagian teman, itu jarang dibahas di buku lain. 

Intinya, di buku "The Harmonious Way" itu kamu berusaha nyari paket secocok mungkin, bukan tentang sifat calonmu doang tapi juga karirnya, keluarganya, temannya, hobinya, s*ksnya, dan lain-lain. 

Yang kusukai adalah mindset kerja sama yang dimiliki oleh penulis termasuk tentang pekerjaan rumah tangga. Meski cowok, dia lumayan adil dan nggak miring/jelek dalam ngomongin cewek. Tulisannya cenderung netral tak bergender. Selain itu, aku juga ngerasa wow banget nemu cowok yang pikirannya serupa denganku, "Men are from Earth and women are from Earth," dan bukan "Men are from Mars and women are from Venus." Ini cowok lho yang ngomong. Aku pernah nemu pernyataan serupa tapi yang punya cewek (penulis bukunya cewek), nanti dibilang itu cuma pemikiran cewek. Nah, ini ternyata ada cowok (penulis buku "The Harmonious Way" ini juga ngomong gitu.


Oh ya, ada bab yang agak melenceng dari bahasan (apa ya namanya, kesatuan/koherensi/apa?) yaitu bab terakhir, yang isinya tentang mencari pekerjaan yang cocok. Itu selain bahasannya beda juga nggak nyambung dengan bab sebelumnya atau judul bukunya, tampak terlalu dipaksakan/jadi seperti buku pencarian karir.

Secara keseluruhan, buku "The Harmonious Way" ini bagus, ringan, sederhana, bersifat pemahaman/nggak terlalu banyak isian/tabel/kuis, dan terutama lebih cocok untuk pemula/beginner. Bagi orang yang sudah sering baca buku serupa akan tampak biasa saja, nggak terlalu menonjol, bahkan mungkin kalah dibanding yang lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.