01 Januari 2023

Review Buku "Innovation You"

"Innovation You," four steps to becoming new and improved

Penulis: Jeff Degraff


Innovation You

Tahun baru gini biasanya orang pada sibuk bikin resolusi. Untuk itu kupilihkan buku yang sekiranya bisa bantu dalam penulisan resolusi tahun barumu. Judulnya Innovation You.


Ini buku lumayan tebel dan nggak to the point, tapi isinya bagus kok, tentang 4 pendekatan dalam inovasi. 


Jadi, inovasi itu terdiri dari 4 tahap dan memiliki 4 pendekatan dasar. Tiap-tiap orang itu biasanya cenderung menggunakan 1 atau 2 saja dari 4 pendekatan itu. Pendekatan yang dimaksud diistilahkan dengan warna, yaitu create (hijau), compete (biru), collaborate (kuning), dan control (merah). 


Penulis memaparkan bagaimana cara memanfaatkan pendekatan-pendekatan tadi dalam mencapai tujuanmu. Tiap pendekatan memiliki 2 kelebihan utama dan 2 kekurangan utama. Jadi, bergantung pada prioritasmu, kamu lebih tepat pakai pendekatan yang mana dulu.


Ada banyak cara kreatif yang dipaparkan di sini, termasuk menggunakan metode 80/20 yang merupakan pelengkap dari 20/80-nya Pareto (Prinsip Pareto). Metode Pareto itu punya kekurangan dan itu dibahas di sini. Makanya, metodenya diganti 80/20, setidaknya pada tahap tertentu dulu.


Aku menilai penulis ini adalah guru yang sangat luar biasa. Alurnya itu runtut, bahasanya mengalir, terorganisir dengan baik, dan kalimat-kalimatnya itu berupa bahasa Inggris yang sederhana. Enak gitu tahapannya, walau masih bertele-tele.


Dari bagian awal sampai tengah buku aku itu merasa sangat terinspirasi dan termotivasi, sangat bersemangat dan sangat kreatif. Dia mengandung banyak harapan. Tapi entah kenapa pada bagian akhir semuanya hilang, auranya berubah. Perasaan yang mungkin mirip dengan saat aku membaca buku The Science of Rapid Skill Acquisition.


Buku Innovation You ini bagus banget dan sangat kurekomendasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.