08 Juni 2022

Review Buku "You can be Happy No Matter What"

 "You can be Happy No Matter What," five principles for keeping life in perspective

Penulis: Richard Carlson


You can be happy no matter what


Buku "You can be Happy No Matter What" ini berisi tentang 5 prinsip untuk bahagia, apa pun yang terjadi. 


Percaya nggak sih, aku tertariknya pada frase "no matter what"-nya. Dia menawarkan apa sih? Emang bisa gitu?


Aku memandang buku ini netral ya, tapi cenderung reject, dalam arti bagiku itu nggak gitu, tapi mungkin saja dia benar. Aku terbuka untuk kemungkinan itu. Mungkin aku aja yang nggak cocok dengan metode dia atau nggak/belum bisa nerapinnya. 


Intinya, di buku ini itu bahagia itu ada dalam kendalimu sendiri. Kalau kamu bisa mengontrol pikiran, perasaan, moodmu, dll tetap baik, kamu pasti nggak akan terpengaruh dengan hal-hal di luar kamu yang bikin nggak bahagia. Idenya itu mirip "detachment" kalau di istilah psikologi. Dan menurutku itu akan berhasil dalam kadar tertentu. Hanya membantu, tidak benar-benar membuatmu full bahagia. Itu bukan berarti kamu Borderline Personality Disorder (BPD) karena terpengaruh lingkungan, tapi hanya terkait kapasitas kemampuan kamu. Ada upaya lain yang tetap harus dilakukan. 


Real aja ya, aku sering dalam kondisi baik atau sangat baik, tapi negativitas lingkungan itu menggempur dengan sangat kuat, seberapa bisa kamu mempertahankan kondisi baikmu? Atau kamu akan menyalahkan dirimu sendiri seharusnya kamu bisa meningkatkan level positivitas pikiran, perasaan, dan moodmu sampai bisa menangani setinggi dan sebanyak apapun, segencar apapun negativitas dari luar?


Yah seperti itu. Aku cenderung "no" terhadap isi buku ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.