05 Juni 2022

Review Buku "Budgets Don't Work, but This Does"

Budgets Don't Work, but This Does

Penulis: Melissa Browne


Budgets don't work (but this does)


Salah satu hal yang nggak kusukai/kusetujui adalah ketika orang mengatakan "Kamu hanya bisa (mencapai tujuanmu) dengan cara 'ini'." Itu karena aku percaya kalau orang itu beda-beda dan karena masih dimungkinkan ada penemuan/pemahaman baru di masa mendatang.


Kalau kamu nggak cocok dengan suatu metode, belum tentu kamu yang gagal/bermasalah. Bisa juga metodenya yang nggak cocok buatmu. Ada teknik yang lebih tepat untuk kamu.


Nah, seperti itu pula Melissa Brown menyinggung di dalam bukunya, "Budget don't work, but this does," nggak ada metode itu yang fit for all. Dia mengajukan teori baru untuk memperbaiki keuanganmu, yaitu dengan mengenali financial phenotypes-mu (fenotip keuanganmu). 


Ada 4 fenotip keuangan utama dan beberapa fenotip kombinasi yang dipaparkan di sini, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahannya, beliefnya, mottonya, tantangannya, relationship-nya, serta cara mengatasi kondisi/sabotase dirinya saat stres.


Aku nyoba ngisi ini dan emang bener aku gitu, kebiasaanku juga gitu, walau aku uda tau sih karena selain salah satu kecerdasan utamaku memang intrapersonal aku sering melakukan refleksi diri, memang mendalami psikologi, dan lumayan sering ngisi tes-tesan. 


Dan untuk solusi memang harus nyari yang pas dan dicoba dulu. Pada beberapa buku yang kubaca memang gitu, penulisnya berproses dulu nyari dan mraktekin teori-teori dari orang lain, baru kemudian nemu apa yang work buat dia. 


Di buku ini kebetulan financial phenotypes penulisnya sama denganku. Jadi, aku dapat inspirasi tambahan dari apa yang sudah dicoba dia dan work di dia.


Oh ya, ngomong-ngomong soal judulnya yang ada garis coretnya pada kalimat "Budget don't work," aku ngiri lho cz aku bikin naskah dengan judul yang kuberi keterangan coret kayak gitu enggak lolos. 


Udah ah, jadi ngomongin aku. 

Intinya gini, kalau kamu uda nyoba berbagai metode keuangan dan nggak berhasil, mungkin itu nggak cocok dengan fenotip keuanganmu. Coba baca buku ini untuk lebih memahami fenotip keuanganmu itu yang mana dan solusi apa yang sekiranya lebih cocok untuk tipe seperti kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.