10 Desember 2016

Fantastic Fatin, Inspirasi dan Kejutan di Seputar Kehidupan Fatin Shidqia Lubis


Kejutan-Kejutan dalam Kehidupan Fatin


Hari itu, empat tahun lalu (2012), 4 orang juri dikejutkan dengan masuknya kontestan wanita bernomer 11218 ke ruang audisi X-Factor Indonesia 2013. Masih mengenakan pakaian sekolah, wajah gadis berkerudung itu tampak tak ber-make up. Ahmad Dhani, Rossa, Anggun C. Sasmi, dan Bebi Romeo selaku juri audisi itu sempat menganggapnya tak serius karena penampilannya yang tak seheboh peserta-peserta lain. Namun, mereka kemudian berubah pikiran setelah si gadis memperdengarkan suara emasnya. Lagu Grenade dari Bruno Mars yang baru saja dibawakannya seolah mampu mengisap para juri tersebut masuk ke dalamnya. Gadis bersuara emas itu adalah Fatin Shidqia Lubis.


 
Fatin Shidqia Lubis
Sumber: http://alchetron.com



 Kalau para juri terkejut, orangtua Fatin, Bahari Lubis dan Nurseha, juga tak kalah terkejut. Mereka tak tahu kalau anaknya bisa menyanyi. Fatin pun ikut terkejut. Dia terkejut saat namanya disebut sebagai juara dari even X-Factor Indonesia 2013. 

Sehabis menyanyikan lagu, tahu-tahu videonya muncul di situs resmi Bruno Mars (www.brunomars.com), pemilik asli dari lagu Grenade yang dinyanyikannya. Bukan cuma itu, situs GOTALENT.TV juga menyejajarkan videonya dengan video artis berbakat menyanyi lainnya seperti Susan Boyle dan Carly Rose.


Layaknya para artis lain yang baru menang, kemenangan dari gadis kelahiran Jakarta 30 Juli 1996 ini pun mendatangkan berbagai tawaran job, mulai dari menjadi bintang iklan, menjadi narasumber sebuah buku, brand jilbab, serta diajak berpartisipasi di dalam film “Dreams” dan “99 Cahaya di Langit Eropa”. Di dalam film Dreams ini Fatin menjadi tokoh utama karena memang 60% ceritanya diadaptasi dari kisahnya.


Setelah masa-masa ramai job tadi, biasanya tak semua artis bisa bertahan. Di sini, Fatin tampil cukup mengejutkan. Lagunya yang berjudul "Aku Memilih Setia", yang dirilis secara digital via iTunes serentak di seluruh radio Indonesia, langsung merajai chart iTunes Indonesia (banyak diunduh oleh para pecinta musik). Dengan lagu yang sama, lagu Fatin juga berhasil menjadi lagu Indonesia paling hot tahun 2013 versi KapanLagi.com bersama lagu Walk (Agnes Monica), Lumpuhkan Ingatanku (Geisha),  Tak Lagi Sama (Noah), dan River (JKT48).


Fatin kemudian kembali merajai iTunes Indonesia dengan lagu “Perahu Kertas” yang dibawakannya dan meraih peringkat ke-4.


The Daf Bama Music Awards 2016, Jerman  
Sumber: http://titiknol.co.id

Sukses menelurkan single pertama, lahirlah single ke-2 yaitu lagu religi berjudul “KekasihMu”, disusul dengan "Dia Dia Dia" sebagai single ke-3. Single ke-3 ini pun memberikan kejutan manis untuknya. Dalam 2 minggu saja klipnya sudah menembus satu juta penonton.


Kabar mengejutkan lain datang dari album perdananya yang berjudul “For You”. Di saat industri musik sedang lesu, album ini malah berhasil meraih 7 platinum hanya dalam waktu 3 minggu setelah dirilis pada 11 November 2013. Satu lagu di dalamnya, “Cahaya di Langit Itu” bahkan digunakan sebagai soundtrack dari film 99 Cahaya di Langit Eropa.


Prestasi Fatin yang begitu fantastis membuatnya beberapa kali diundang ke berbagai acara musik maupun acara penghargaan seperti Indonesia Movie Awards dan Indonesia Kids Choice Awards 2013. Tentu saja, dia juga pernah meraih penghargaan. Penghargaan yang diterimanya adalah AMI Award for Best Pop Female Solo Artist. Selain itu, dia juga meraih penghargaan sebagai Pendatang Baru Terdahsyat dalam ajang Dahsyatnya Awards 2014.



Di tahun 2014 juga, lagu miliknya yang berjudul “Semua Tentangmu” langsung menjadi trending topic worldwide hanya dalam waktu 2 jam setelah rilis. Fatin berhasil membuat lagu ciptaan Daniel Caesar, Olof Lindskog, dan Ludwig Lindell dari Swedia itu banyak diperbincangkan di berbagai jaringan sosial, termasuk di halaman Facebook World Music Awards.


Sepertinya, kejutan yang dialami Fatin belum akan berakhir. Fatin terpilih menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia pada ajang penghargaan yang digelar di Barclaycard Arena, Hamburg, Jerman pada 27 Agustus 2016 lalu, plus berhasil memenangkannya. Dia berhasil memenangkan penghargaan berupa Best Asian New Female Act Awards di The Daf Bama Music Awards 2016.


Kejutan-kejutan dalam hidup Fatin tak hanya mengejutkan Fatin sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Hidup ini dinamis, dan Fatin telah berhasil membuktikan bahwa pergerakan hidupnya adalah dinamis yang menuju ke arah positif. Kisah-kisah tersebut pasti sangat menginspirasi. Inspirasi-inspirasi apa saja yang bisa kita dapatkan di dalamnya?



Inspirasi-Inspirasi dari Kehidupan Fatin


Penampilan luar Fatin menyimpan banyak cerita. Mulai dari juri yang menganggapnya tidak serius karena tampil terlalu sederhana, hingga sosok anggunnya yang membuatnya sering disangka sebagai sosok feminin. Lebih dari itu, jangan coba-coba untuk mengganggunya atau Anda akan merasakan jurus-jurus maut dari karateka cantik senior pemegang sabuk hitam (DAN 1) tersebut.


Sebagai artis tentu penampilan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Saat SMP dulu Fatin ini cupu (culun punya) lho, tetapi lihat sekarang, gaya berjilbabnya malah banyak dijadikan kiblat remaja masa kini.


Tak hanya cupu, Fatin dulunya juga kuper (kurang pergaulan). Namun, lambat laun dia berusaha bangkit untuk mengatasi ketakutan-ketakutannya itu. Tak mau lagi dianggap seperti debu, kakak dari Fadhil dan Fadly ini memutuskan untuk mengikuti paduan suara. Tujuannya adalah untuk mencari teman sambil menyalurkan hobi menyanyi.


Fatin dengan seragam karatenya
Sumber: http://miztia-respect.blogspot.co.id


 
Bersekolah di SMAN 97 Ciganjur, Jakarta Selatan Fatin serius menekuni bidang tarik suara. Selain aktif di paduan suara, dia juga sempat bergabung dengan Could Reach Family, band di sekolahnya yang beraliran soul jazz acoustic.


Kalau kemudian Fatin berhasil menjadi juara X-Factor Indonesia 2013 mungkin itu adalah berkat fokus dan kerja kerasnya. Setelah menang pun tak banyak yang berubah dari sosoknya, dia tetap ramah dan tidak sombong. Kini, Fatin tak lagi mengalami kesulitan dalam bersosialisasi. Pengikut Twitter dan Instagramnya saja mencapai jutaan. Itu menggambarkan bahwa penggemarnya sangat banyak. Untuk menjaga hubungan dengan para Fatinistic (sebutan untuk fansnya), Fatin selalu berusaha hadir setiap kali diundang.


 

Menjadi juara X-Factor Indonesia 2013 belumlah membuat Fatin puas. Kalau dulu di sekolahnya diwajibkan untuk belajar seruling, kini dia mulai merambah piano, lalu mencoba menciptakan lagu dengan menggunakan piano.


Untuk lebih menunjang karirnya, selepas SMA Fatin memilih kuliah di Performing arts communication London school untuk belajar akting dan dance.


 
Fatin sadar, sebagai seorang artis kesibukan yang semakin meningkat adalah sebuah konsekuensi. Oleh karena itu, dia membutuhkan fisik yang selalu prima. Agar tetap sehat, dia  memilih menjaga pola makan dan berolahraga setiap ada kesempatan. Untuk pola makan, dia suka mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan menghindari cemilan di malam hari; sedangkan untuk olahraga dia memilih melakukan ten minutes workout via Youtube.


Di tahun 2016 ini, Fatin berhasil meraih penghargaan di Jerman. Itu artinya dia sudah berhasil go international. Prestasinya sebagai juara 3 pidato bahasa Inggris di SMA-nya dulu menandakan bahwa kemampuan berbahasa Inggrisnya baik dan berpotensi mendukung karirnya sehingga lebih mudah go international.


Buku Fantastic Fatin
Sumber: http://hasnanuri.blogspot.co.id/



Kejutan-kejutan indah dalam kehidupan Fatin tidaklah hadir dengan sendirinya. Ketika kesiapan dan kerja keras bertemu dengan peluang, maka lahirlah kesuksesan. Masih penasaran dengan sosok Fatin yang begitu fantastis dan menginspirasi ini? Beli saja bukunya! Buku yang ditulis oleh Sundari itu berjudul “Fantastic Fatin – Ini Baru Permulaan!”. Dan Sundari benar, kesuksesan Fatin waktu itu adalah baru permulaan. Kejutan-kejutan manis lain Insya Allah masih siap menunggunya di masa mendatang. 



*Artikel ini masuk dalam 20 besar artikel terbaik dalam lomba menulis tentang Fatin Shidqia Lubis*