25 Juli 2013

MENULIS LANCAR, PUNDI-PUNDI RUPIAH DATANG



 

Zaman sekarang ini pasti sudah banyak orang yang tidak asing dengan blog. Bahkan, blogging telah menjadi tren sepertinya. Saya sendiri sudah lama mengenal blog namun baru-baru ini saja berusaha aktif menulis di blog. Sebagai seorang penulis saya rasakan benar manfaat dari blog. Saya termasuk penulis yang komersial dalam arti menulis untuk mendapatkan hadiah juga, sangat jarang saya menulis hanya untuk suka-suka. Karena memang menulis adalah pekerjaan saya, kalau bisa mendapat penghasilan dengan menulis mengapa hanya memilih gratisan. Sambil menyelam minum air sah-sah saja, bukan? Meski demikian, saya juga pilih-pilih dalam menulis. Saya hanya mengikuti/menulis sesuatu yang sesuai dengan apa yang saya yakini dan menurut saya baik.
                                       http://www.paulmurphymep.eu/blog/

Saya menyadari bahwa untuk menulis membutuhkan banyak sumber/bahan. Jadi ketika saya menulis apapun saya tidak jauh-jauh dari internet. Hasil tulisan saya sudah beragam, mulai dari artikel untuk media, buku, hingga mengikuti lomba-lomba. Bahan-bahannya saya dapatkan salah satunya dari blog di internet. Blog-blog yang ada sangat membantu saya. Untuk dunia kepenulisan ini saya sering mengunjungi blog-blog yang memasang info-info lomba menulis, seputar cara menulis yang baik, tips-tips nge-blog, seputar media massa dan penerbit, dan blog-blog yang memuat bahan-bahan tulisan yang saya butuhkan. Saya nge-blog pun juga belajar otodidak, dengan mencari di mesin pencari Google lalu mengikuti langkah-langkah di blog yang saya temukan. Ada banyak sekali blog bertebaran di internet, jika di satu blog kita masih belum paham coba saja untuk mengunjungi blog yang lain. Mudah, sederhana, dan sangat bermanfaat tentunya.

Menulis buku pun serupa. Jika saya mengambil seluruh bahan dari buku, maka saya harus mengeluarkan banyak sekali biaya. Tetapi dengan internet (blog) saya bisa memangkas biaya-biaya tersebut. Sering juga saya mendapatkan inspirasi bahan tulisan saya ketika browsing atau membaca blog orang lain. Dan hasilnya adalah, pundi-pundi rupiah mengalir ke rekening saya. Hasil dari tulisan saya sebagai kontributor tetap suatu majalah, royalti buku saya, dan hadiah dari lomba menulis yang saya ikuti. Lumayan lho. Sangat terasa bukan besarnya manfaat dari blog? Alhamdulillah ya, sesuatu :) .


*Tulisan ini diikutkan lomba menulis artikel dengan tema dengan tema Blog sebagai Media Informasi dan Inspirasi