18 Februari 2023

Review Buku "Profiling Your Date"

Profiling Your Date : a smart woman's guide to evaluating a man

Penulis: Caroline Presno


Profiling Your Date



Cari jodoh, baik melalui online (dunia maya) atau offline (dunia nyata/langsung) serta melalui dating (pacaran/kencan) ataupun taaruf tak pernah sederhana. Cara apapun yang kamu pilih, kamu tetap harus menguasai keahlian yang satu ini, yaitu profiling.

Profiling artinya kamu punya gambaran dia baik atau buruk serta cocok atau tidak denganmu. Profiling sudah biasa ada buku-buku tentang relationship/dating, meskipun tidak semua memuatnya dan cara/metode profilingnya yang beda-beda.

Profiling Your Date adalah salah satu buku tentang pencarian jodoh yang memuat tentang profiling. Aku suka pengkategorian/penggolongan yang terdapat di buku ini, yang disusun berdasarkan jenis-jenis pria/calon pasangan yang tidak baik bagimu, misalnya cara mengetahui ciri-ciri stalker/penguntit, pria yang tidak berkomitmen, pria abusive (narsis, psikopat, sosiopat), pria g4y, depresi, dan sebagainya. Ciri-ciri tersebut ditulis dengan lumayan straight/enak dibaca. Secara proporsi juga lumayan berimbang antara jenis pria buruk yang satu dengan yang lainnya, kecuali pada beberapa bagian, seperti terlalu dipaksakan untuk ada padahal penulis tidak benar-benar memahami. Misalnya pada bagian ciri-ciri pria g4y, aku sebagai pembaca tetap tidak tahu cirinya itu apa dan cara mengenalinya bagaimana. Bagian tersebut tidak seperti bagian yang lain yang memberikan cara diagnosa yang jelas.

Buku ini, meskipun bersumber dari referensi akademis, pengalaman pribadi penulis, serta pengalaman/pengamatan terhadap orang lain tetapi dia ditulis dengan lumayan luwes dan benar-benar menjadi buku populer dibanding buku yang mirip karya ilmiah yang kaku. Selain itu, dia bener-bener sudah menjelma menjadi buku dating/relationship dibanding buku psikologi atau buku tentang abuse. Ya mengandung itu juga tetapi lebih luwes (sesuai kebutuhan awam).

Itu adalah bagian dari keunggulannya karena buku dengan model, isi, dan struktur penyusunan seperti ini itu nggak baru. Dia bukan satu-satunya. Ada buku lain yang serupa misalnya Never date a dead animal

Buku ini secara susunan/layout itu campuran, sebagian sudah enak dibaca dan sebagian lagi perlu penataan ulang.

Secara keseluruhan, buku Profiling Your Date ini bagus dan sangat bermanfaat, sangat kurekomendasikan terutama buat yang belum baca buku-buku kembarannya (buku-buku yang sejenis). 


Very recommended.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.