23 Juni 2019

4 Jenis Sayur dan Buah Yang Dapat Memicu Gejala Alergi Pada Anak – Anak

4 Jenis Sayur dan Buah Yang Dapat Memicu Gejala Alergi Pada Anak – Anak
 Alergi
(Sumber: Agrodolce.it)

Gejala alergi yang muncul pada anak- anak sepertinya sudah menjadi hal yang biasa . Ini dikarenakan pada umumnya beberapa anak memiliki alergi pada suatu makanan atau minuman tertentu. Tapi bagaimana jika alergi pada anak ini terjadi karena buah dan juga sayur. Padahal seperti yang kita tahu peran sayur dan buah sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak.

Fakta Gejala Alergi Yang Bisa Muncul Karena Produk Tanaman

Meski terdengar aneh, faktanya beberapa anak bisa mengalami alergi yang cukup parah karena mengonsumsi sayur dan juga buah. Hal ini tidak hanya berlaku pada buah dan sayur segar saja. Namun, juga berlaku pada semua produk olahan  yang mengandung sayur dan buah tertentu.

Apa saja buah dan sayur yang kemungkinan besar menyebabkan alergi pada anak- anak? Berikut ulasannya untuk anda.

1.       Buah Alpukat

4 Jenis Sayur dan Buah Yang Dapat Memicu Gejala Alergi Pada Anak – Anak
Alpukat
(Pixabay: tookapic)


Buah yang akrab dengan anak- anak ini,  sepertinya terdengar cukup mengejutkan jika bisa menyebabkan alergi. Karena seperti yang kita ketahui, buah alpukat adalah buah favorit anak-anak. Selain memiliki tekstur yang lembut, buah ini juga  menjadi salah satu pilihan  jus favorit anak- anak. Akan tetapi, siapa sangka buah alpokat dapat menyebabkan alergi lateks pada anak-anak. Atau alergi yang muncul karena sebuah protein yang bernama profillins.

Anak- anak yang kebetulan memiliki alergi pada buah alpukat dapat mengalami gejala tertentu saat mengonsumsinya. Seperti munculnya ruam merah, bengkak , sesak nafas, sakit tenggorokan dan rasa gatal pada mata. Beberapa juga mengalami luka pada bibir dan  juga mulut.
 

Dapat dipastikan bila anak memiliki  alergi pada alpukat. Mereka pun  dapat memiliki alergi yang sama pada buah tertentu. Seperti pada  melon, pir, ceri, kiwi ,pepaya, semangka, pisang, jeruk dan  juga tomat.

2.       Bayam


Bayam
(Pexels: Jacqueline Howell)

Sayur berwarna hijau ini disukai  selain karena rasanya yang enak. Kandungan vitamin pada bayam pun cukup tinggi. Terutama kandungan zat besi yang sangat baik untuk anak- anak. Tapi sayangnya pada beberapa anak, Bayam dapat memicu terjadinya histamine intoleransi. Histamin adalah senyawa yang berguna di dalam tubuh untuk melawan infeksi.

Tapi pada beberapa orang dan juga anak- anak yang mengalami intoleransi pada senyawa ini akan mengalami  gejala alergi yang cukup parah. Alergi pada histamin dapat menyebabkan ruam kulit,sakit dan kram pada lambung serta rasa tidak nyaman pada pencernaan. Untuk itu anda harus hati- hati pada sayuran yang satu ini. Jika anak anda kebetulan menunjukkan gejala diatas segera hentikan konsumsi bayam dan bawa anak anda ke dokter.


3.       Wortel

4 Jenis Sayur dan Buah Yang Dapat Memicu Gejala Alergi Pada Anak – Anak
Wortel
(Pexels: Mali Maeder)

Sayuran yang cukup populer dan  disukai anak- anak ini ternyata juga memiliki resiko menyebabkan alergi yang cukup serius . Alergi yang terjadi pada anak yang mengonsumsi wortel sama halnya pada orang yang mengalami alergi pada serbuk sari atau  yang biasa disebut Hay Fever. Jika anak yang memiliki alergi pada  wortel dan tanpa sengaja mengonsumsinya.

Mereka  dapat mengalami gejala berupa rasa gatal pada tenggorokan. Kemudian muncul Luka dan bengkak pada mulut, lidah, dan juga telinga. Anak dengan alergi sebetulnya masih dapat mengonsumsinya. Syaratnya adalah dengan mengolah wortel sampai  benar-benar matang,

4.       Kentang

4 Jenis Sayur dan Buah Yang Dapat Memicu Gejala Alergi Pada Anak – Anak
Kentang
(Pixabay: Couleur)

Sudah bukan rahasia lagi jika kentang adalah sayuran yang cukup disukai anak anak. Apalagi jika diolah menjadi French Fries. Anak- anak pasti sangat menyukai rasa gurih dan juga renyah dari kentang goreng. Tapi sayangnya tidak semua anak bisa menikmati renyahnya kentang goreng. Beberapa anak ada  yang  mengalami alergi pada kentang. Hal ini sebetulnya disebabkan oleh protein yang ada pada sayuran tersebut.

Gejala yang biasa muncul biasanya berupa ruam merah pada kulit, kesemutan dan bengkak pada mulut , bibir juga lidah, Kemudian pada tingkat yang cukup serius dapat menyebabkan diare dan juga muntah. Anak –anak yang diketahui memiliki alergi pada kentang sama halnya dengan mereka yang alergi pada kacang- kacangan dan produk makanan sejenis.

Itulah beberapa sayur dan juga buah yang dapat menyebabkan alergi pada anak- anak. Jika anda menemukan gejala serupa pada anak anda.Segera hubungi dokter untuk pengobatan pada gejala yang muncul.  Kemudian berkonsultasi pada dokter tentang jenis buah dan sayur yang boleh dikonsumsi dan tidak.