13 April 2022

Review Buku "Help with Negative Self-Talk"

 "Help with Negative Self-Talk"

Penulis: Steve Andreas


Ada kejadian unik di seputar aku baca buku "Help with Negative Self-Talk" ini. Pas baca kan aku ngerasa ada info yang nggak baru, aku udah pernah baca sebelumnya di buku lain tapi aku lupa buku apa. Trus kan aku baca buku lain, eh ternyata itu bukunya. Judulnya "Change Your Life in 7 Days." Trus kan aku baca-baca lagi buku "Help with Negative Self-Talk" ini. Pada bagian yang lebih ke belakang ada lagi info yang aku pernah baca tapi lagi-lagi lupa judulnya. Tentang apa juga lupa. Trus tiba-tiba aku ingat, itu salah satu buku relationship. Penulisnya pria yang kuduga seorang fucekboy (tapi aku tetep lupa judulnya). 


Jadi gini ya, buku "Help with Negative Self-Talk" ini tentang self talk ya, bukan tentang inner critic. Aslinya, keduanya bisa sama dan bisa juga tidak. Negative self talk itu tidak selalu berupa inner critic dan sebaliknya inner critic pun tidak selalu self (diri sendiri) yang ngomong/sumbernya. 


Sekarang sudah tahu kan bedanya?


Pertama baca buku "Help with Negative Self-Talk" ini tadinya aku merasa ini metode yang bener-bener baru buatku, sebelum akhirnya aku sadar kalau ada beberapa yang sudah pernah kupelajari. Dan aku kaget, nggak nyangka kalau ini bagian dari NLP (Neurolinguistic Programme). Udah sering sih denger tentang NLP tapi nggak tau tekniknya kayak apa. Ternyata di antaranya ya seperti yang di buku ini. Aku juga sudah nyoba sebagian di antaranya dan sepertinya manjur.


Isi buku ini macam-macam, di antaranya ya cara mengatasi inner critic, cara mengatasi trauma (gambar/suara yang mengganggu), cara agar mudah bangun tidur, dan pokoknya cara agar kata-kata kita itu lebih positif atau boleh negatif tapi negatif yang memberikan hasil positif.


Intinya buku ini ngajarin kamu untuk aware atau memperhatikan kata-katamu:

1. Kata-kata yang negatif dan berefek negatif diganti kata-kata positif,

2. Kata-kata positif yang berefek negatif diganti yang berefek positif,

3. Kata-kata positif diganti kata-kata positif yang lebih baik/lebih tepat,

4. Kata-kata negatif yang berefek positif tidak apa-apa (biar kamu nggak salah paham dengan poin ke-4 ini mending langsung baca bukunya aja).


Singkatnya, buku "Help with Negative Self-Talk" ini adalah buku tentang memperbaiki hidupmu dengan cara memperbaiki kata-katamu. 


Beberapa bagian dari buku ini bahasanya lumayan berat sih tapi dia bagus kok. Recommended.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.