03 Februari 2022

Review Buku "The Almanack of Naval Ravikant"

"The Almanack of Naval Ravikant," a guide to wealth and happiness.

Penulis: Eric Jorgenson


Wow, sangat mengagumkan! Masya Allah. Buku "The Almanack of Naval Ravikant" ini adalah definisi dari sosok yang "bagus" ditulis oleh penulis yang "bagus." Membuatku ingin mengenal lebih dalam siapa Naval Ravikant ini sekaligus kepo ingin baca buku-buku Eric Jorgenson yang lain, yang mungkin akan sama bagusnya.


Aku sebenarnya nggak kenal atau nggak tahu Naval Ravikant itu siapa. Aku pun nggak tahu almanack itu apa? Judulnya itu asing dan nggak menarik gitu lho, baik dari kata "almanack" yang aku nggak tahu maksudnya apa, sampai dengan Naval Ravikant sendiri yang aku nggak tahu siapa. Apalagi penulisnya, boro-boro aku tahu namanya, denger atau baca juga nggak pernah kayaknya. Aku pertama tahu buku ini itu ya dari medsos, yaitu Instagram. Di sana, pemilik akun IG-nya itu me-review sambil meng-capture/men-screenshoot bagian-bagian dari buku ini. Buku "The Almanack of Naval Ravikant" ini masuk di antara buku-buku "the best" versi dia.


Aku tuh sebenernya awalnya malah pengen baca almanaknya Charlie Munger, orang dekatnya Warren Buffet. Judul bukunya itu kalo nggak salah "Poor Charlie's Almanack." Buku itu udah ada di dalam daftar rencana bacaku, tapi karena jumlah halamannya terlalu mengintimidasi, akhirnya aku mbleot alias melenceng ke almanaknya Naval Ravikant ini, yang jumlah halamannya cuma sekitar setengahnya. Maklum lah aku masih nyubi soal kecepatan membaca. Set set, uda deh akhirnya aku buka-buka buku tentang Naval Ravikant ini dan... OMG aku jatuh cinta dengan isinya. Daging banget, inspiratif banget, sangat mencerahkan, amazing. Nih 2 orang, penulis dan yang ditulis itu sama-sama kerennya pokoknya. Ini itu seperti rangkuman hal-hal penting dari kehidupan. Si Naval itu belajar tentang hal-hal ini sepanjang hidupnya, lalu kita tinggal baca aja dari karya Si Eric ini. Dan asal kamu tahu, Naval ini sangat self awareness dan terus mengevaluasi segala sesuatu dan step by step apa saja dalam hidupnya. Kok bisa gitu lho aku nggak ngerti sama sekali orang sekeren dan sehebat dia. Kenapa dia nggak terdeteksi oleh radarku atau nggak pernah kutemui di berita-berita atau medsos-medsos yang dekat denganku/di sekitarku? Wow banget gitu pokoknya. Mungkin setelah baca buku "The Almanack of Naval Ravikant" ini aku akan jadi fans baru Naval. Cara berpikirnya itu jernih, dia sangat memperhatikan berbagai hal, tahu apa yang inti lalu memfokuskan hidupnya ke sana, dan yang lebih amazing lagi, sepertinya dia sosok orang sukses yang seimbang hidupnya, makmur sekaligus bahagia. Ini semua adalah kualitas-kualitas kunci yang bikin aku ngefans padanya. Dan siapa lagi yang bikin aku seperti itu kalau bukan berkat keahlian dari Eric Jorgenson, penulisnya. Dari nggak kenal aku jadi mendadak jatuh cinta dan ngefans banget pada sosoknya.


Aku nggak terlalu tahu pengertian biografi, memoir, atau semacamnya, tapi kayaknya meskipun Eric menulis tentang Naval Ravikant, ini bukan termasuk keduanya. Ini bukan buku tentang perjalanan hidup Si Naval, tapi ini itu tentang pelajaran hidup yang diambil dari Si Naval dan hal-hal keren tentang dia. 


Pas baca buku ini itu aku rasanya pengen langsung ngabisin aja gitu, pengen baca langsung sampai akhir, karena isinya itu penting semua dan daging semua, kecuali mungkin bagian-bagian halaman depan (tentang penerbit), kata pengantar, ucapan terima kasih, dan semacamnya yang biasanya memang aku lewatkan.


Aku uda baca buku macem-macem dan emang buku "The Almanack of Naval Ravikant" itu gila banget isinya. Isinya lumayan mudah dipahami walaupun aku nggak sepenuhnya paham dan bahasanya lumayan sederhana untuk awam. Biasanya orang penting itu kan bahasanya susah banget atau teknis banget tapi Naval ini nggak. Entah itu Navalnya yang gitu atau penulisnya yang lihai dalam menyederhanakan aku kurang tahu. Kalau baca buku ini itu akan menghemat banget waktumu karena nggak perlu terlalu banyak baca buku lain atau susah-susah nyari sendiri ilmunya atau bahkan susah-susah mikir atau ngalami sendiri. Ini sudah disarikan oleh dia. Bener-bener daging semua, puenting semua dan padat berisi. 


Untuk ilmu sedaging ini kamu hanya butuh 1 buku, nggak perlu ikut seminar atau training-training mahal, nggak perlu bertahun-tahun nyari sendiri. Suimpel. Kueren. Aku nggak ngecap ya kamu bisa cari dan baca sendiri bukunya buat buktiin.


Aku dapat banyak pencerahan dari buku "The Almanack of Naval Ravikant" ini dan berniat untuk mempergunakannya untuk memperbaiki hidupku. Sebagus itu. Masya Allah, nggak rugi aku bacanya. Dari daftar isi sampai akhir itu bagus semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.