30 Desember 2017

11 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Daya Ingat



11 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Daya Ingat
Daya ingat

Tuhan membekali manusia dengan kemampuan otak yang luar biasa. Termasuk kemampuan mengingatnya (memorinya). Sejak awal sudah luar biasa, apalagi jika dilatih.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menuliskan tentang bagaimana Scott Hagwood membuktikannya. Di saat daya ingatnya menurun drastis, dia berhasil membalik keadaan. Dia terus melatih memorinya hingga akhirnya menjadi Grand Master of Memory pertama di Amerika, dan telah 4 kali menjuarai National Memory Championship di sana. 

Di dalam buku Memory Power, dia menjelaskan semua rahasianya. Bagaimana usahanya dalam memulihkan dan mempertahankan daya ingatnya, sehingga menjadi semakin luar biasa.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat:

1.   Mengenali ingatan mana yang dominan bagi Anda

Yaitu dengan membuat catatan rutin di akhir hari, apa saja yang Anda ingat pada hari itu. Ingatan itu terkait dengan sentuhan, rasa, penglihatan, suara, bau, emosi, dan aksi. Untuk menghindari kategori penglihatan yang berlebihan, catat hanya bentuk atau warna khusus.
Intinya, apa saja yang bisa Anda ingat di hari itu.

2.   Pada bagian yang terpisah, gunakan kata kunci untuk menggambarkan setiap peristiwa pada nomer 1. Bila kata kunci bisa membawa Anda pada detail peristiwa, maka itu memuat elemen kuat Anda di dalam mengingat.

3.   Gunakan multi indera untuk mengingat.

4.   Kembangkan memori gambar Anda.

5.   Gunakan teknik asosiasi kata.

Gunakan teknik asosiasi kata. Hubungkan dengan sesuatu yang aneh.
Misalnya: untuk mengingat nama-nama planet digunakan kalimat: My Very Educated Mother Just Served Us Nine Pizzas (Mercurius, Venus, Earth, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto).
*Sekadar contoh ya, terlepas dari Pluto planet atau tidak saat ini*
Tetapi, teknik ini tidak disukai oleh Scott.

6.   Lakukan repetisi secukupnya, jangan berlebihan.

Berikan cukup waktu bagi informasi untuk mengeram. Bila ia segera mengulangi kata-kata itu, ia bisa mengingat 100%. Bila ia menunggu 20 menit, yang diingat tinggal 60%; bila sejam, tinggal 45%, dan seterusnya.

7.   Pelajari dalam waktu pendek-pendek dan perbanyak jeda.

Makin lama Anda mempelajari sesuatu tanpa mengulang (review), makin sedikit yang mampu Anda ingat.
8.   Tinjaulah ingatan Anda tersebut setelah sejam, sehari, seminggu, sebulan, dan seperempat tahun.

Ingatlah dari depan ke belakang, dan juga sebaliknya. Bila mampu, berarti Anda “lulus”.

9.   Gunakan teknik Ruang Romawi, yaitu menggunakan semacam ikon-ikon di layar komputer untuk mewakili poin-poin penting.

10.     Lakukan fitnes mental, dengan cara:
a.  Membaca secara kritis dan analitis
b.  Menggunakan lebih sering tangan yang tak dominan
c.  Teruslah menulis diary
d.  Isilah TTS
e.  Perluas kosakata Anda
f.   Tingkatkan memori Anda, misalnya dengan permainan (game memori)
g.  Mainkan catur atau permainan strategi lainnya
h. Berlatih
i.    Mempelajari bahasa

11.     Ketika Anda bertemu orang baru, carilah sesuatu yang memungkinkan Anda untuk mengasosiasikan orang baru itu dengan seseorang bernama sama yang telah Anda kenal, bisa posturnya, gaya bicaranya, atau lainnya. Ikuti saja apapun yang muncul di otak. Jagalah tetap sederhana. Gunakan karakteristik umum yang paling sedikit, yang Anda perlukan untuk membuat asosiasi.

Nah, itulah 11 cara ampuh untuk meningkatkan daya ingat. Cara tersebut adalah beberapa cara yang terdapat di dalam buku Memory Power, yang ditulis oleh Scott Hagwood. Entah itu caranya sendiri, cara dari Tony Buzan, atau dari sumber lain saya kurang tahu.

Kenyataannya, cara-cara itu telah berhasil mengantarkan Scott menjadi pemenang National Memory Championship di Amerika selama 4 kali. Barangkali, Anda tertarik untuk mencoba, Anda pun bisa mempraktekkannya.

Sumber:
Hagwood, Scott. 2009. Memory Power. Surabaya: Selasar.

Sumber gambar: Pixabay