19 Maret 2023

Review Buku "Unfuck Your Habitat"

Unfuck Your Habitat: you're better than your mess

Penulis: Rachel Hoffman


Unfuck your habitat

Buku "Unfuck Your Habitat" ini covernya menarik sekali dibanding buku tidying/organizing/bersih-bersih/beberes lainnya. Judulnya juga unik. Habitat? Itu langka banget dipakai untuk buku-buku non biologi (non referensi akademis/non sekolahan). Lagian, meski habitat itu kata yang digunakan untuk makhluk hidup secara umum, tapi konotasinya/yang pertama muncul di pikiranku itu habitat itu ya berhubungan dengan hewan. Mungkin itu juga kenapa ketika aku cek SEO-nya nih keyword sepi banget.


Aslinya aku agak asal nyomot aja sih, nggak bener-bener tahu arti judulnya. Setelah baca baru tahu kalau ini tentang membersihkan dan merapikan. Sebelumnya aku baca buku lain (belum kureview) dan itu nggak enak banget karena meskipun bicara tentang kondisi sucked tapi bahasanya kuasar dan nyalah-nyalahin/ngata-ngatain orang yang dalam kondisi tersebut dengan buruknya. Lalu aku nemu buku "Unfuck Your Habitat" ini yang lumayan halus dan damai, hanya ada bagian kecil yang dia suuzan/berprasangka buruk ke kamu (perlakuannya beda terhadap kamu dan terhadap orang lain/orang yang terlibat urusan bersih-bersih dengan kamu). Lebih enak auranya.


Ini buku formatnya beda banget dengan buku-buku beberes lainnya. Dia pakai 1 metode inti. Dibilang lebih bagus juga nggak, lebih jelek juga nggak. Sekadar beda fokus (beda zoom in zoom out) dan beda cara. Jadi masing-masing itu punya plus minus sendiri. Pembeda utamanya yang nggak ada di buku-buku serupa adalah beberes jika kamu hidup/tinggal dengan orang lain, membantu/meminta bantuan untuk beberes, beberes saat mendadak, serta beberes musiman. Beberesnya dimulai dari tiny zone (zona yang sangat kecil) atau ruangan, bisa berupa 1 meja atau bahkan 1 ruangan. Kondisional aja dan dia juga nggak perfeksionis yang nyuruh bersih banget atau rapi banget karena target pembacanya pun beragam (orang perfeksionis, mental illness, physical illness, dll.). 


Buat kamu yang belum tahu, kalau aku bilang tentang buku serupa/bahasan kayak gini, yang kumaksud adalah buku-buku tidying, organizing, timing/time management, productivity, procrastination/laziness, dan buku ADD/ADHD. Dan maybe juga buku depresi. Itu biasanya sedikit banyak mengandung beberes dan rapi-rapi seperti ini.


Di buku ini, seperti buku-buku lainnya, juga ada beberes email, desktop, dan semacamnya.


Nah, yang nggak ada tapi biasanya di buku lain ada adalah bahasan tentang adanya pengganggu/orang-orang yang mengganggu. Cara kamu menolak email yang mengganggu, tamu yang mengganggu, dll itu nggak ada. Juga, nggak ada detail-detail aplikasi yang membantu. Nggak ada. Di sini nggak fokus ke aplikasi atau otomasi (kalau kamu butuh yang aplikasi dan otomasi banget ada di buku "Faster than Normal" yang pernah kureview sebelumnya).  

Jadi, buku ini lebih pada membangkitkan daya gerakmu sendiri aja, biar kamu mulai lebih bersih dan lebih rapi dari sebelumnya.


Recommended.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.