23 Agustus 2018

Kemampuan Video Editing, Memuluskan Langkah Penulis Menjadi Pengusaha


Kursus Video Editing, Memuluskan Langkah Penulis Menjadi Pengusaha

Penulis (pekerja seni)
Sumber: Pxhere

Menjadi seorang pekerja seni yang sukses merupakan tantangan yang tidak sederhana. Tak sedikit yang akhirnya menyerah. Mereka harus memiliki pekerjaan lain, pindah kerja, atau semacamnya. Ketika ada seseorang yang benar-benar sukses hanya di jalur seni, saya merasa wow banget. Dan itu benar-benar ada. 

Sebuah buku menyentak kesadaran saya. Buku yang judulnya saya rahasiakan itu menyebut bahwa penulis independen seperti saya adalah seorang pengusaha. Buku itulah yang ditulis oleh pekerja seni sukses tadi. 

Saya terkejut. Selama ini saya tidak memposisikan diri seperti itu. Mungkin lebih ke pekerja lepas, pekerja paruh waktu, pekerja penuh waktu, atau lebih seringnya saya menyebut diri sebagai penulis independen. 

Ketika dikatakan sebagai pengusaha (tulisan), tentu saja memunculkan konsekuensi seperti pengusaha-pengusaha pada umumnya. Ada kegigihan, strategi, dan tak ketinggalan kemandirian lebih. Kalau selama ini para penulis masih banyak yang bergantung pada pihak luar, buku itu mengajarkan berbeda. Sebagai pekerja seni yang sering dianggap “kaum pinggiran” dan sulit kaya, dia sendiri telah berhasil mematahkan mitos-mitos tersebut. Ditunjukkannya asal mula munculnya mitos-mitos tersebut dan bagaimana dia bisa keluar darinya. Selain itu, dia juga mengajak para seniman agar berhenti menghibur (membohongi) diri dengan mengatakan itu sekadar hobi atau mencari kepuasan diri. Penulis adalah seorang pengusaha, maka bekerjalah sebagaimana para pengusaha bekerja.

Kursus Video Editing, Memuluskan Langkah Penulis Menjadi Pengusaha

Pelukis (pekerja seni)
Sumber: Pixabay

Di antara hal yang penting untuk diperhatikan adalah mengintegrasikan segala keahlian dan “senjata” yang dimiliki. Bisa berupa blog, media sosial, atau lainnya. Beberapa blogger misalnya, mengintegrasikan keahlian desain grafis ke dalam blog sehingga blognya sering menjadi langganan juara.

Akan tetapi, yang saya bicarakan lebih dari itu. Ini adalah tentang pengusaha, tentang pekerjaan. Bukan hanya tentang sesuatu yang insidental. Tepatnya tentang pengusaha sukses di bidang seni.

Kursus Video Editing, Memuluskan Langkah Penulis Menjadi Pengusaha

Musisi (pekerja seni) 
Sumber: Pixabay

Buku lain mengatakan, untuk menjadi milyarder setidaknya kita harus memenuhi 3 kaidah:

1.         Memiliki barang dan jasa yang dijual
2.  Memiliki pendapatan pasif, misalnya royalti dan investasi
3.         Sistemnya autopilot

Nah, kemampuan untuk membuat dan mengedit video (video editing) sangat mendukung hal ini. Entah sebagai branding, marketing, atau sebagai sarana pelatihan itu sendiri.

Bila dengan mengintegrasikan video ke dalam blog saja sudah bisa menjadikan beberapa blogger langganan juara, bayangkan apa yang bisa dilakukannya bila komponen yang diintegrasikan lebih banyak!

Kursus Video Editing, Memuluskan Langkah Penulis Menjadi Pengusaha
Bob Proctor
Sumber: Proctorgallagherinstitute.com

Setia Furqon Kholid misalnya mengintegrasikan kelas jodohnya dengan buku-buku cetaknya, buku-buku digital, grup wa, video-video pendukung, dan lain-lain. Ada juga Bob Proctor, yang mengintegrasikan ebook “You Were Born Rich” dengan instagram ads, websitenya, email marketing, video-video pendukung, dan pelatihan-pelatihannya.

Sudah terlihat bukan jika video itu sangat mendukung karir penulis. Dengan kemampuan video editing, jalan penulis menjadi pengusaha semakin mulus dan lancar jaya.