06 Januari 2018

Bahagia di Masa Sulit



Bahagia di Masa Sulit
Bahagia

Masa sulit. Siapa sih yang tidak pernah mengalaminya? Setiap manusia pasti pernah mengalami pasang surut di dalam hidup. Akan tetapi, bahagia di masa sulit? Itu tidak mudah melaluinya.

Kembali mengisahkan tentang Andrew Matthews. Ini adalah salah satu bukunya yang lain, selain Ikuti Kata Hatimu dan Bahagia Sekarang Juga. Ya karena seperti yang dulu pernah saya bilang, saya terkesan dengan bukunya yang pertama kali saya baca. Akhirnya baca lagi buku-bukunya yang lain.

Di dalam buku ini Andrew mengisahkan tentang bagaimana masa-masa sulit yang pernah dilaluinya, misalnya kehilangan isteri pertama dan anaknya. Tak lupa pula dia menyertakan kisah-kisah masa sulit orang lain yang begitu tragis, tetapi orang-orang tersebut malah berbahagia dan bersyukur.
Bagaimana sebenarnya cara untuk berbahagia di masa sulit?

1.     Terimalah keadaan Anda
Bukan dalam arti pasif, tetapi mengambil pelajaran dan berusaha untuk mendapatkan yang diinginkan.

2.     Pusatkan perhatian pada masa sekarang
Atasi satu per satu masalah.

3.Berbahagialah, bersedih tidak mengubah keadaan.

4.     Pusatkan perhatian pada apa yang dimiliki.

5. Kebahagiaan itu tidak bersyarat. Itu tergantung Anda memilih bahagia atau tidak. Jangan berharap orang lain membahagiakan Anda. Anda harus bahagia sendiri. Pikirkan sesuatu yang membuat Anda merasa senang dan bicarakan sesuatu yang membuat Anda merasa senang.

6.     Biasakan untuk selalu berpikir positif.

7.     Milikilah citra diri positif.

Baca juga: 


8.     Perlakukan diri Anda dengan sangat baik: selalu katakan yang baik-baik tentang diri Anda, maafkanlah diri Anda, sukailah diri Anda, terimalah pujian, tegaslah, dan hargailah diri sendiri.

9.     Jangan memberi untuk mengharapkan imbalan, seandainya dibalas maka anggap saja itu bonus.

10.  Jika orang lain tidak meminta saran, maka mereka tidak mau diberi saran. Jika mereka meminta saran tetapi mengabaikannya, maka mereka tidak menginginkan saran itu.

11.  Cara untu memainkan permainan hidup adalah dengan merasa bahagia, bersyukur, dan puas terlebih dahulu.

12.  Berdamai dengan perubahan.

13.  Agar bahagia jangan:

a.     Memutuskan bagaimana menurut Anda dunia ini seharusnya berjalan.
b.     Membuat aturan bagaimana semua orang seharusnya bersikap.

14.  Santailah dengan masalah uang, dan

15.  Jadilah orang yang luwes.

Dari buku-bukunya, sepertinya Andrew Matthews adalah orang yang bijak dan humanis. Kata-katanya ringan dan sederhana, namun dalam. Dan sebagaimana 2 bukunya yang lain, buku yang ini juga dibumbui dengan kartun-kartun yang menarik.

Semua orang ingin hidup bahagia. Bila Anda sedang berada di masa sulit, tak ada salahnya untuk membaca tips lengkap untuk berbahagia di buku Andrew yang berjudul “Bahagia di Masa Sulit”. Insya Allah Anda akan merasa lebih terhibur dan bersyukur.

Sumber: 

Buku Bahagia di Masa Sulit (Andrew Matthews)

Sumber gambar:Pixnio