07 Januari 2018

Berguru Bisnis pada Semut



Berguru Bisnis pada Semut
Pengusaha (ilustrasi)

Suatu hari, seorang teman bertanya kepada Nicholas Kurniawan. Bila ia diumpamakan binatang, binatang apakah dirinya? Nicholas pun dengan tegas menjawab, SEMUT. Sontak si teman terbengong-bengong. Nggak salah tuh?

Dan selain menjawab temannya itu, eksporter ikan hias sukses termuda di Indonesia tersebut menjelaskannya panjang lebar di dalam bukunya, “Die Hard Antrepreneur. Born A Leader, Make A Champion”. Semut, begitu menginspirasi dia.

Meskipun semut terlihat kecil dan lemah, binatang kecil itu mampu mengangkat beban 3 kali lebih besar dari berat tubuhnya. Ia membawanya sampai ke tempat yang jauh, bahkan sambil berlari. Semut hewan yang gigih, ia cepat bangkit ketika terjatuh dan selalu fokus pada tujuan. Selain itu, semut juga setia kawan dan pandai membaca peluang usaha. Namun, ia tidak mengambil hasilnya untuk dirinya sendiri, melainkan untuk keluarganya.

Nicholas menamakan semangat semut dengan Die Hard, yaitu sesuatu yang dimaknai dia seolah-olah immortal. Gagal bangkit lagi, gagal bangkit lagi, dan begitu seterusnya. 

Jika Anda membaca riwayat hidupnya di dalam buku Die Hard Antrepreneur, Nicholas memang sudah bisa dikatakan menerapkan Die Hard tersebut. Betapa dia jatuh bangun di dalam usahanya. Meskipun pernah gagal di pendidikannya, dia bisa bangkit, begitupun dengan kegagalan di usahanya. Hingga akhirnya kesuksesan datang menyertainya.

Baca juga:  
Pak W, Tukang Sayur Keliling Bermindset Pengusaha SUkses 
Bingung Berbisnis? Bisnis Ini Aja

Ada banyak suara sumbang ataupun orang-orang yang tidak mau menolong, tetapi dia terus maju. Dia terus fokus pada tujuannya. Tahu akan potensi dan minatnya (passion-nya) dan tahu apa yang dia mau. Dengan terus belajar pada yang terbaik, tidak menunda-nunda, mengutamakan kebaikan banyak orang sebagai prioritas dalam impiannya, berperilaku menyenangkan, memberikan sedekah yang tulus, dan selalu memberikan yang terbaik; apa yang dianggap mustahil oleh banyak orang akhirnya mampu dicapai olehnya. 

Sebelum mencapai titik ini, Nicholas selalu mengambil peluang yang ada, baik besar maupun kecil, tidak pilih-pilih. Hingga kemudian dia “ketemu jalannya”. Tempat potensi besar rezekinya berada.

Nicholas juga berpesan, untuk menjadi pebisnis sukses, milikilah powerful selling skill, kemampuan bernegosiasi, tim yang tepat dan solid, sistem yang baik, dan jangan lupa, selalu libatkan Tuhan dalam setiap langkah.

Wow, semangat dari seekor semut telah melahirkan Nicholas Kurniawan, seorang eksporter ikan hias sukses termuda di Indonesia, nominasi pebisnis muda terbaik Indonesia, hingga pengusaha inspiratif oleh Kaskus.


Sumber:
Kurniawan,Nicholas. 2014. Die Hard Antrepreneur. Born A Leader, Made A Champion. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sumber gambar: Pixabay