24 Juni 2023

Review Buku "Decide Better!"

"Decide Better!", for a better life. 

Improve your life through better decisions.

Penulis: Michael E. McGrath


Decide Better (buku tentang decision making)


Decision making adalah sesuatu yang tidak mudah. Sayangnya, buku-buku tentang decision making kebanyakan juga sama tidak mudahnya dengan decision making itu sendiri. 

Buku-buku tentang decision making itu susah-susah. Sudah termasuk materi yang berat, cara menuliskannya pun tidak bisa untuk mudah dipahami oleh anak berumur 5 tahun. Standar semacam ini dikenakan kepada penulis agar tulisannya itu bisa memberikan kemanfaatan yang lebih luas kepada pembaca. Menulis itu untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan, bukan untuk lainnya.

Buku-buku decision making itu biasanya terjebak pada 3 hal utama:
  • Penulisannya itu masih matematika dan statistika banget sehingga sangat susah dan sangat membosankan,
  • Masih cenderung bahas kesalahan logika banget/cacat logika (logically fallacious). Bentuk ini masih cenderung tetap dan seperti copas/copy paste, belum terurai secara kreatif menjadi bentukan baru.
  • Penyampaian dan (atau) cara menulisnya masih kurang enak dibaca maupun dipahami.

Buku Decide Better ini sudah berhasil terlepas dari 3 jebakan tersebut. Sudah bisa dibilang mendingan banget.

Di sini dijelaskan mengenai 90 decision making skills/decision making process dengan gaya storytelling yang ringan dan renyah. Model seperti ini membuatnya lumayan mudah dipahami. Sayangnya, bentuknya terlalu storytelling sampai-sampai contoh kasusnya pun disampaikan dengan storytelling. Kadang-kadang kita membutuhkan tabel atau bentukan yang lebih skematis/praktis yang bisa bikin paham hanya dengan sekali baca, dan bentukan semacam ini kadang membutuhkan posisi horizontal (sisi panjang buku), bukan vertikal agar lebih mudah dibaca.

Itu yang membuat decision making model di sini butuh energi lebih untuk dipahami.

Lalu perhatikan covernya, cover buku ini memuat wajah penulisnya. Aku menduga penulis "menjual" dirinya (dia adalah daya jual utama buku ini dan bukan lainnya). Kalau dibaca pada bagian pendahuluan, memang penulis memiliki pengalaman profesional yang mumpuni di sini.

Selain buku Decide Better! ini dia juga menulis buku-buku lain yang juga tentang cara pengambilan keputusan, serta membuat aplikasi yang juga tentang hal tersebut.


Buku Decide Better! ini saja sudah berhasil menjadi finalis dari 3 book award yang berbeda. Jadi, sangat layak untuk dijadikan acuan dalam mengambil keputusan.

Oh ya, buku ini disusun dalam bentuk listicle (per bahasan/per cara pengambilan keputusan) sehingga kita bisa memilih mau acak atau urut membacanya. Suka-suka aja. Tapi kalau mau baca acak nggak terlalu kelihatan ya model decision makingnya karena pada daftar isinya model-model decision makingnya ini agak terselubung/implisit (istilahnya pake metafora atau apa ya? Pake kiasan)

Kekurangan lain dari buku ini adalah aku tetap nggak tahu kapan penggunaan spesifik dari tiap model cara pengambilan keputusan tersebut. Seperti terserah aku mau pakai yang mana. Atau memang nggak ada aturan bakunya? Ya udah tinggal pilih aja di antara 90 model tadi. Jadi, aku paham isinya (setidaknya sebagian besar) tapi untuk pakai yang mana itu masih seperti feeling-feeling an. 

Terus, sepertinya cara-cara decision making di buku ini itu lebih cenderung untuk masalah sehari-hari kita, bukan tentang debat politis, debat moral/kemanusiaan, dan sebagainya. Masalah pindah kerja apa nggak, beli atau sewa rumah, lanjut ke kencan ke dua apa nggak, mau kuliah di mana, liburan ke mana, gitu-gitu yang dicontohkan. Aku nggak tahu penerapannya untuk masalah-masalah yang lebih berat semacam debat politis atau lainnya. Tapi nggak papa juga sih karena aku lebih butuh buku yang untuk masalah sehari-hari, bukan untuk yang ruwet-ruwet.

Intinya, Decide Better! ini adalah buku yang bagus dan lumayan ringan serta mudah dipahami dibandingkan dengan buku-buku sejenis.

Buku ini termasuk yang aku rekomendasikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.