29 Maret 2023

Review Buku "Do Life Differently"

Do Life Differently: a strategic path toward extraordinary

Penulis: Jeff D. Reeter


Do Life Differently


Dulu, sebelum baca buku "Predatory Thinking", aku menganggap strategi dan taktik adalah sinonim. Ternyata aku salah. Menurut buku "Predatory Thinking", strategi itu berhubungan dengan perencanaan global/generalis/garis besarnya saja (strategist), sedangkan taktik berhubungan dengan perencanaan mendetail (tacticist). Nah, penulis buku "Do Life Differently" ini menurutku termasuk jenis tacticist. Dia orang yang terencana. Seorang planner sekaligus eksekutor/doer. Dia juga sepertinya perfeksionis dan cenderung controlling. Perencanaan hidupnya ditulis dengan rinci sambil terus dilakukan refleksi/evaluasi di sepanjang jalan. Dan dia juga nggak suka jadi orang biasa/rata-rata. Mindsetnya disetel untuk harus selalu menjadi yang terbaik. Semua hal tadi diajarkannya melalui buku "Do Life Differently" ini. 

Buku ini adalah buku inspirasi sekaligus motivasi. Sepanjang yang kutahu dan kuingat, daya gerak buku ini adalah yang tertinggi dibanding buku motivasi lain yang pernah kubaca. Dia mengandung motivasi tingkat tinggi dan kata-kata yang bersifat pengingat. Bagiku motivasi/motivator itu nggak harus bicara dengan kasar atau teriak-teriak yang nyakitin kuping banget. Intinya ada pada kata-katanya yang bisa menyentuh, mengingatkan, dan mengembalikan daya hidup. Banyak hal yang aslinya orang sudah tahu kok, mereka hanya butuh diingatkan kembali. 


Keras banget aslinya kata-katanya (dan cenderung nggak terlalu berperasaan, lebih ke logika "kalo mo berubah ya action" ) tapi nggak kasar, masih bisa kuterima/kutoleransi. Isinya juga cenderung pressure sebenernya. Kamu harus bertindak, bertindak, dan bertindak. Bertindaknya di sini juga dia berusaha seimbang antara follow your heart dan use your head. Kamu bisa bayangkan, dia seorang planner tacticist sekaligus doer serta mengikuti hati tapi juga menggunakan otak. Itu susah banget lho tapi dia bisa dan disiplin melakukannya.

Terlepas dari hal tersebut dan banyaknya contoh kisah yang bikin aku males baca (ini subyektif aja karena aku lebih suka buku yang to the point), buku ini bagus banget. Kalau di alam nyata pasti dia seorang motivator yang keren.

Aku nggak sepenuhnya setuju sih dengan isinya, meski gitu buku ini tetep bagus dalam hal motivasi dan inspirasinya.

Penulis sendiri sudah berhasil sukses di usia yang sangat dini karena meniru/mengikuti jejak temannya yang waktu itu hidupnya sudah terdesain dengan baik. Dia intuitif aja tiru-tiru Si Teman itu, dan akhirnya mereka berhasil. Sejak itu, dia mendesain hidupnya dengan lebih baik dan lebih baik lagi. 

Keseluruhan kisahnya maupun ajaran-ajarannya dibocorkannya di dalam buku ini. Agar jika kamu ngikutin jejaknya kamu berpotensi sukses juga seperti dia.

Recommended. Buat kamu yang motivator atau yang lagi butuh motivasi, coba deh baca buku "Do Life Differently" ini. Dia mengandung motivasi tingkat tinggi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.