23 Maret 2023

Review Buku "How Full is Your Bucket?"

How Full is Your Bucket? 

Penulis: Tom Rath dan Donald O. Clifton


How full is your bucket



Mungkin kamu pernah mendengar tentang istilah "bebanmu/your baggage", tabungan/investasi emosi, dan semacamnya. Istilah "Your bucket/embermu" juga punya arti serupa itu. "Your bucket" di sini artinya ember emosi/wadah emosimu. Kalau embermu penuh, kamu akan berada dalam kondisi baik/positif, sedangkan kalau embermu semakin sedikit isinya atau bahkan kosong, kamu akan berada dalam kondisi buruk/negatif. 

Setiap hari kamu mengalami ribuan peristiwa individu. Peristiwa-peristiwa tersebut akan mengisi embermu atau sebaliknya, mengurasnya. Satu orang atau satu peristiwa terpisah bisa mencerahkan atau merusak harimu.
Jadi, kamu harus memperhatikan perilakumu terhadap dirimu (efek terhadap embermu) dan perilakumu terhadap orang lain (efek terhadap ember orang lain). Tentang ini orang memiliki rasio beda-beda, misalnya John Gottman yang menawarkan rasio 5:1, yaitu butuh 5 peristiwa positif untuk bisa menetralkan 1 peristiwa negatif. Yang jelas, positifnya harus lebih banyak dari negatifnya, tapi nggak boleh juga berlebihan karena nanti akan ada semacam pembalikan efek (ada efek sampingnya) kalau pengisian hal-hal positif tersebut over/berlebihan.


Buku "How Full is Your Bucket?" ini diawali dengan pentingnya positivisme. Satu perbuatan positif/satu orang yang positif sekalipun bisa punya kekuatan untuk membuat kondisi satu kantor/area menjadi positif, begitupun sebaliknya.

Tak lupa penulis juga menceritakan kisahnya sendiri yang berasal dari lingkungan/keluarga dan teman-teman yang positif dan suportif (keluarga secure attachment) sehingga keranjang emosinya itu sangat penuh dan bahkan meluber-luber siap untuk dibagikan ke orang lain. 

Aku nggak bisa cerita banyak ya karena nanti bisa-bisa aku bocorin isinya. Karena buku ini terlalu tipis.
Kamu harus baca sendiri dan biarkan jiwamu larut dalam kelembutan bahasanya dan aura kasih sayangnya. Aura positifnya.

Ini buku tipis tapi sangat bagus, sangat kaya dan mencerahkan. Meskipun, aku nggak sepenuhnya setuju dengan isinya. 
Aku pribadi memandang positif dan negatif itu tentang dosis, konteks, keseimbangan, sudut pandang, selektivitas, dan semacamnya. 

Tapi kalau kamu lihat covernya di atas, pada kanan bawah itu ada logo best sellernya. Best seller itu macam-macam penyebabnya, tidak selalu tentang isinya yang bagus. Tapi untuk buku "How Full is Your Bucket?" ini udah nggak perlu ditanya lagi, bagus banget isinya. Inspiratif, motivatif, bermanfaat, dan auranya lembut penuh kasih. 

Yang perlu diperbaiki hanya formatnya/layoutnya (dan mungkin juga covernya) biar keterbacaan lebih mudah dan lebih enak dipandang dan perlu memperhatikan tentang konteks penerapannya aja sih. Selain hal-hal tersebut dia udah bagus banget dan sangat layak untuk dibaca.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.