08 Januari 2023

Review Buku "Think Like Entrepreneur"

Penulis: Erick Bulatowicz


Think like entrepreneur


Think Like Entrepreneur adalah buku yang mengajarkan tentang mindset entrepreneur/mindset entrepreneurial. 

Untuk bisa menjadi wirausaha, wiraswasta, atau pengusaha kamu butuh mindset yang benar, yaitu mindset entrepreneur sukses. 

Menjadi entrepreneur itu bukan tentang males kerja sama orang, kerja semau gue, kerja santai/leha-leha, dan semacamnya. Ada mindset dan bekal-bekal khusus/modal-modal khusus yang harus dimiliki dan itu diajarkan di dalam buku ini.

Buku Think Like Entrepreneur ini nggak berisi hal-hal teknis sama sekali. Isinya seputar mental dan cara pikir/mindset aja dan hal-hal yang bersifat umum/generalis. Jadi, jangan bayangkan tentang cara mencari klien, cara mengelola anggaran, dll yang sifatnya teknis. Nggak ada di sini. Berupa cara pikir aja, sama seperti Think Like a Rocket Scientist dan beda dengan buku-buku Think Like ... yang lain (pada umumnya). 

Isinya lebih ke mengukur kamu cocok nggak jadi entrepreneur, nyari passion-mu itu apa, trus mewujudkan passion itu menjadi bidang kerja entrepreneur-mu sambil mengatasi mental block yang kamu alami jika kamu nggak PD, gagal, menemui hambatan, dll. sampai kamu jadi entrepreneur sukses dan bertahan dalam kesuksesan itu.

Hal yang paling bagus dari buku ini ada pada bagian menetapkan passion dan tujuan (goal setting-nya). Standarku adalah buku-buku tentang passion dan goal setting yang pernah kubaca. Buku ini punya bagian yang lebih bagus dan lebih reflektif (mendorong refleksi diri/pengenalan diri) daripada buku-buku tersebut dan lebih padat.


Tapi aku nggak bilang kalau buku ini to the point ya. Maksudku, bagian passion dan goal setting yang cuma beberapa halaman itu lumayan setara jika dibandingkan dengan buku-buku yang memang membahas passion/goal setting secara terpisah yang bahkan 1 buku full.


Ini lebih kayak buku psikologi/pengenalan diri sih. Kalau tentang entrepreneurnya sangat dasar dan generalis. Mungkin banyak orang sudah tahu dan lebih berfungsi sebagai pengingat aja.


Dibanding buku Think Like a Rocket Scientist, isinya dan tampilannya itu lebih enak Think Like a Rocket Scientist. Penyajiannya lebih enak dan lebih terstruktur. Kalau buku Think Like Entrepreneur ini masih seperti buku mentah hasil brainstorming yang bahkan belum di-proofreading. Secara isi gitu, bahkan beberapa bagian seperti diulang-ulang karena mungkin nggak sadar. Begitupun tampilan/layout-nya, nggak enak untuk dibaca. Tapi ukuran fontnya udah pas, nggak kekecilan dan bahasa inggris yang dipakai itu udah sederhana banget, mudah dipahami orang yang bahasa inggrisnya pemula sekalipun. Singkatnya, buku ini masih bisa banget untuk diperbaiki dan dipangkas sehingga lebih padat dan kalimatnya lebih efektif. Masih sangat berantakan.


Buku Think Like Entrepreneur ini sebenarnya isinya full motivasi dan inspirasi (termasuk buku motivasi dan buku inspiratif), tapi entah kenapa pas baca efeknya nggak terasa sama sekali. Apa karena kurang sistematis, kurang efektif, kurang baik layoutnya, atau kurang powerful kata-kata yang digunakan aku nggak ngerti dan nggak mengamati. Buatku, tujuannya nggak tercapai gitu aja. Terus, buku ini aneh, pada bagian awal itu terlalu straight bahkan nggak ada -bukan basa-basinya- tapi pengantar untuk masuk ke kalimat pertama. Kirain bakal to the point seperti kesan pertama taunya di bagian belakang bertele-tele dan berulang-ulang/berputar-putar. 

Jadi, Think Like Entrepreneur ini adalah buku tentang mindset entrepreneur. Isinya bagus tetapi bukan tentang hal-hal yang teknis dan pasti akan lebih bagus lagi kalau dirapikan/di-make over besar-besaran, baik dari covernya dan terutama lagi isinya. Karena sayang lho ini aslinya bagus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.