15 Januari 2023

Review Buku "Fast Minds"

"Fast Minds: how to thrive if you have ADHD (or think you might)"

Penulis: Craig Surman, Tim Bilkey, Karen Weintraub


Fast Minds

ADHD adalah sesuatu yang sering disalahpahami oleh banyak orang. Masih banyak orang yang menyamakan antara ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder) dengan ADD (Attention Deficit Disorder), autisme spektrum/ASD (Autism Spectrum Disorder), atau bahkan gangguan lainnya. ADHD dan ASD memang berbeda, tetapi kalau ADD baru-baru ini telah dikelompokkan menjadi bagian dari ADHD.


Definisi ADHD sendiri mensyaratkan bahwa gejala-gejalanya itu harus sudah ada saat masa kanak-kanak dan harus memenuhi persyaratan-persyaratan khusus secara lengkap, kalau kedua hal ini tidak terpenuhi penulis menyebutnya sebagai FAST MINDS (gampangnya itu seperti ADHD full dan ADHD parsial/mirip ADHD). Kalau di buku-buku tentang disorder lain istilah FAST MINDS ini serupa dengan traits, misalnya orang yang terduga narsis disebut Narcissist Traits dan bukan NPD. Jadi, kamu tidak perlu melakukan ADHD test yang formal, jika kamu mempunyai satu atau beberapa gejala di dalam buku ini, kamu termasuk FAST MINDS.


Menurut Centers for Disease Control (CDC), sekitar 4 persen dari populasi orang dewasa telah secara resmi didiagnosis dengan ADHD, tetapi para ahli yang sama mengingatkan bahwa orang dewasa yang tidak didiagnosis pada masa kanak-kanak cenderung tetap tidak terdiagnosis hingga dewasa. Itu berarti prevalensi sebenarnya dari ADHD dewasa kemungkinan besar jauh lebih tinggi daripada yang dilaporkan, terutama karena kebanyakan dari kita tidak "tumbuh" ketika kita berusia dua puluh satu tahun. (Faster than Normal, Peter Shankman).


Di buku ini, penulis mengindikasikan ADHD sebagai kelainan genetik dan kelainan pada otak. Kalau ortumu ADHD, kemungkinan kamu juga ADHD; begitupun sebaliknya. Meskipun ADHD dimulai sejak kecil, tetapi terkadang memburuk saat dewasa. ADHD dewasa ini memburuk karena kehidupan orang dewasa yang lebih kompleks.


Aku sendiri baru pertama ini baca buku tentang ADHD. Kalau kamu sepertiku mungkin kamu akan terkejut kalau tahu ciri-ciri ADHD/FAST MINDS itu seperti apa. Mungkin kamu atau orang di sekitarmu banyak yang termasuk di sini.


Ada 3 jenis utama ADHD, yaitu distractable (mudah terganggu), impulsive (pencari kebaruan/nggak berpikir panjang/emosional), dan hyperactive (hiperaktif). 


ADHD juga biasa didapati bersamaan dengan gangguan lain, seperti mood disorder, anxiety disorder, dan substance abuse atau addiction/kecanduan.


Pada buku lain kutemukan kata disorganized pada judulnya, hal itu mengingatkanku pada disorganized attachment/fearful avoidant attachment. Selain itu, kalau baca isinya aku juga jadi ingat buku-buku tentang abuse, terutama tentang kodependen/people pleasure (korban dari narsis/narcissist survivor). Hal itu juga mengingatkanku pada beberapa tipe MBTI, ekstroversi (ekstrovert-introvert), serta tipe kepribadian yang dibagi berdasarkan sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis. Di situ seperti ada hubungannya dan seperti ada kecenderungan kalau kamu tipe kepribadian "ini", kamu cenderung menampilkan gejala ADHD yang "ini."


Buku Fast Minds ini sangat bagus, lengkap, dan detail; meskipun kalau kamu ADHD/fast minds beneran mungkin juga berat bacanya karena tebel, 300-an halaman, dan masih kurang ringkas. Bikin paham tapi melelahkan untuk dibaca. Untungnya, pada tiap akhir bab diberi juga rangkuman poin-poin kuncinya. Sangat membantu untuk mengingat.


Buku Fast Minds itu kaya banget. Isinya mencakup isi yang biasa ada di buku habit, fokus, manajemen waktu, produktivitas, decluttering (buku beres-beres/merapikan), buku-buku agar survivor/korban abuse bisa berfungsi dengan baik, buku tentang menjalin hubungan, buku tentang insomnia, dan tentu saja buku-buku tentang terapi-terapi psikologi semacam CBT dan lain-lain, cuma porsinya beda-beda. Di dalamnya juga termuat pengaruh makanan terhadap ADHD atau gangguan yang mirip ADHD, cara memilih ahli yang bisa membantu spesifik sesuai gangguan yang kamu alami, dll.


Jadi, kalau kamu bermasalah dengan fokus atau habit, ini bisa jadi buku tambahan yang harus kamu baca. Karena meski buku habit itu bagus-bagus, isinya itu 11-12 (mirip), dengan baca buku Fast Minds ini kamu akan dapat perspektif yang berbeda. 


Tak lupa ada pula tugas/tabel untuk tracking/ngecek perubahan kondisimu dan bahasan tentang medikasi/penggunaan obat stimulan maupun non stimulan untuk mendukung perbaikan kondisimu. 


Karena ini buku ADHD pertama yang kubaca aku belum bisa komen banyak tentang kebenaran isinya (tentu saja versiku) dan belum punya pembandingnya. Apa yang kunilai bagus lebih pada kekayaan isinya, susunannya yang sistematis, bahasanya yang netral dan santun, serta isinya yang lengkap dan detail dan memberikan banyak inspirasi praktek perbaikan yang bisa kamu coba.


Aku sengaja nggak bahas ciri-ciri ADHD dengan detail/lebih banyak biar kamu baca sendiri. Banyak dari ciri di sini yang sangat umum dijumpai tetapi nggak selalu ADHD, bisa juga kamu cuma FAST MINDS entah karena diabetes, gangguan tiroid, pola makan yang salah, atau lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.