01 Januari 2023

Review Buku "The Seven Secrets of How to Think Like a Rocket Scientist"

Penulis: Jim Longuski


Think like a rocket scientist

Seperti apa sih cara berpikir rocket scientist?


Jadi gini, ada banyak buku Think Like ... atau semacamnya. Ini hanya salah satunya. Kenapa aku milih ini? Di antaranya karena covernya menarik, susunannya sistematis, dan tampilannya enak dibaca. Dan yang lebih penting lagi adalah buku-buku yang lain kebanyakan gagal paham, judulnya itu cara berpikir, jadi seharusnya isinya bukan cara bekerja pada profesi tersebut. Mereka menyajikannya masih super duper ruwet.


Tadinya aku menduga isinya ya berupa cara berpikir orang-orang di profesi tersebut. Eh, isinya malah gambaran kalau kamu kerja pada profesi itu. Bahasa mereka masih bahasa profesinya masing-masing. Mereka nggak bisa menjelaskan secara sederhana atau ala orang awam dan isinya masih cenderung berupa prosedur kerja/langkah-langkah mereka di dalam bekerja.


Nah, buku Think Like a Rocket Scientist ini beda, disampaikan dengan lebih ringan/populer. Nggak terlalu ndakik-ndakik (berbahasa super biar keliatan expert banget). Penulis bener-bener menulis tentang cara berpikir dan bukan prosedur kerja. 


Dari buku ini kamu akan tahu kalau bekerja di NASA atau hal-hal yang terkait perjalanan ke luar angkasa itu sangat mahal dan sangat berbahaya, sehingga cara berpikir mereka mengutamakan kehati-hatian. Cara berpikirnya unik, strategik, berpikir besar maupun kecil, dan berhubungan erat dengan kemampuan matematika dan visual (menggambar).


Risiko kegagalan mereka berkisar antara rasa malu, pengeluaran yang gila-gilaan, sampai kematian, jadi mereka harus super detail. Para astronot yang terbang itu sudah tahu bahwa nyawa taruhannya, meskipun menurut penulis persentase kegagalan yang menyebabkan kematian seperti itu sudah sangat diminimalkan.


Kalau kamu baca buku ini, kamu mungkin nggak akan lagi mendewa-dewakan hidup di masa sekarang doang. Kamu harus berpikir visioner/futuristik untuk meminimalkan risiko yang akan terjadi di masa depan. Para ahli di NASA tahu bahwa pekerjaan mereka itu sangat berhubungan dengan nyawa orang. Dan sebagai manusia biasa mereka tak luput dari kesalahan, termasuk kesalahan-kesalahan yang fatal.


Prinsip-prinsip di buku ini bagus untuk diterapkan di dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Bentuknya listicle yang terdiri dari 50 poin dan rata-rata poinnya panjangnya cuma 1-3 halaman, jadi agak enak untuk dibaca.


Buku The Seven Secrets of How to Think Like a Rocket Scientist ini bagus untuk dibaca umum, apalagi buat yang berminat untuk bekerja di NASA, bekerja sebagai astronot, atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan antariksa/luar angkasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.