03 Juni 2022

Review Buku "The Perfect You"

"The Perfect You," a blueprint for identity

Penulis: Dr. Caroline Leaf


The perfect you


Dalam rangka lebih memahami diriku, aku nemu judul buku "The Perfect You" ini. Blurb-nya bagus banget. Sangat menarik. Penulis mengatakan punya metode yang bisa memotret kepribadianmu secara lebih permanen dibanding metode-metode lainnya. Jadi, aku nyari bukunya. Selama ini kamu percaya metode apa, mungkin kamu meyakini kamu permanen pada tipe kepribadian tersebut, padahal nggak. Tipe itu bisa berubah-ubah. Kalau di buku ini nggak, hal-hal tentang dirimu di sini ini lebih esensial dan lebih permanen dari itu.


Buku ini itu buerat banget baik dari cara menulisnya maupun isi atau kontennya. Cocoknya sih minimal untuk dibaca mahasiswa, akademisi, atau yang lebih tinggi dari itu. Di luar golongan itu juga bisa sih baca, tapi langsung masuk ke isiannya/tesnya aja di bagian belakang buku ini. Meski gitu, ngisi tesnya juga nggak mudah bagiku. Tesnya tentang multiple intelligence/kecerdasan majemuk. Pada masing-masing tipe kecerdasan itu ada pertanyaannya tentang dirimu. Nah, itu aku yang tetep nggak ngerti diisi apa. Aku tetep nggak paham diriku sendiri. Menurutku sih, untuk bisa ngisi itu kamu perlu memonitor baik-baik tentang perasaanmu, pikiranmu, dan pokoknya segala tentang kamu. Pada tahap ngisi tes-tesan ini aja aku belum berhasil, jadi aku nggak bisa meloncat ke tahap berikutnya, yaitu memanfaatkan hasil tesmu ini pada bidang-bidang atau kondisi saat performamu optimal.


Selain itu, dia punya kesulitan lain. Kamu harus ngerti perbedaan tipis di antara kata-kata yang bersinonim dalam bahasa Inggris. Nah, itu juga aku nggak ngerti. Mungkin butuh kamus Oxford atau ya intinya kamu yang paham bahasa Inggris yang bisa bedainnya. Bedanya aja aku nggak paham, gimana ngisinya?


I don't get it. But, maybe you are different. Just try to read it. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.