07 Maret 2022

Review Buku "Riches in Niches"

"Riches in Niches", how to make it big in a small market

Penulis: Susan Friedmann


Beberapa waktu lalu aku sudah membahas tentang generalis yaitu pada buku "How to be Everything". Aku juga sudah membahas buku tentang niche yang ternyata isinya nggak bahas niche sama sekali. Nah, kalau "Riches in Niches" ini beda, dia sangaaaat detail. 


Buku ini akan membimbingmu untuk mencari niche yang tepat, mulai dari mempertimbangkan opsi-opsi yang kira-kira cocok untuk jadi niche-mu, mengeksekusinya, sampai dengan membawamu pada kesuksesan ada di dalamnya. Jadi, di dalamnya itu ada brainstorming, planning, branding, marketing, targetting, positioning, executing, dll.


Step by step di dalamnya itu lengkap banget. Bacanya pun enak karena selain penulis itu membimbingmu dengan sabar dan gaya bahasa yang sangat bersahabat, ini layoutnya juga lumayan enak. Ada space yang enak untuk mata dan indah. Margin-marginnya, menjorok-menjoroknya, jarak antar paragraf, box untuk ringkasan, dll-nya itu sangat mendukung kenyamanan baca buku ini.


Susan Friedmann, penulisnya pun tampaknya rendah hati orangnya. Kata-katanya itu nggak pake menghina-menghina, nyindir-nyindir, berantem/bantah-bantahan, otoriter, dan semacamnya, tetapi lebih pada membimbing/mengarahkan dengan santun. Walaupun posisi pembaca dan penulis memang vertikal (penulis lebih tinggi posisinya/sebagai ahli) tapi penulis nggak sok atau ngerendah-rendahin pembaca. Kayak tulus gitu lho pengen pembaca bisa sukses seperti dia. (Btw, aku lebay gak sih ngomong soal tulus? Kayak tau dia aja.)


Aku nggak ngomong isi buku ini mudah diterapkan, tapi penulis itu seperti sudah berusaha banget untuk bisa mentransfer ilmunya dan menyampaikannya dengan sebaik mungkin, dengan bahasa se-santun mungkin.


Aku berusaha mencerna buku ini pelan-pelan. Ya walau nggak 100% masuk, tapi ya nggak 0% juga.


Pokoknya ini bagus banget dan sangat aku rekomendasikan. TITIK. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.