25 Maret 2022

Review Buku "The 80/20 Principle"

"The 80/20 Principle," the secret to achieving more with less

Penulis: Richard Koch


Aku sudah lama tahu tentang prinsip 80/20 ini, yaitu yang terkenal dengan nama prinsip Pareto, sehingga aku sempat menyepelekan buku "The 80/20 Principle" ini sebelum membacanya karena merasa sok tahu. Ternyata, isinya di luar bayanganku. Masih banyak sekali hal yang tidak kuketahui di dalamnya. Bahkan, mungkin aku tidak terlalu tahu selain pengertiannya saja, yaitu 80% hasil/output/reward ditentukan oleh 20% input/orang/usaha/waktu. Gitu doang, sementara penerapannya aku tidak terlalu tahu.


Pada buku "The 80/20 Principle" inilah penerapannya dijelaskan secara meluas dan mendalam, juga mendetail. Di dalam ranah pekerjaan, hubungan (relationship), maupun kehidupan secara umum ternyata prinsip ini bisa diterapkan. Prinsip Pareto ini memiliki beberapa manfaat dan juga tantangan. Tantangan terbesarnya adalah menentukan di mana atau pada bagian apa 20% hal yang menguntungkan ini.


Buku ini bahasanya berat tetapi isinya sangat kaya. Meskipun tidak semuanya kupahami, tetapi aku mendapatkan banyak wawasan dan pencerahan darinya.


Buku ini masih berhubungan banget dengan work less, work smart, produktivitas, efisiensi, efektivitas, dan pokoknya hidup yang mudah, enjoy, dan bahagia.


Intinya kita harus super selektif karena nggak semua hal bernilai sama. Choose wisely. 


Good book.

I reccommend this ("The 80/20 Principle") book. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.