19 Desember 2017

13 Keistimewaan yang Membuat Anak Tengah So Sweet Banget



13 Keistimewaan yang Membuat Anak Tengah So Sweet Banget
Anak tengah (3 bersaudara)

Banyak artikel maupun buku seolah mengulas dan mengagung-agungkan anak pertama (sulung) dan anak terakhir (bungsu). Mereka dikatakan memiliki banyak kebaikan. Sementara anak tengah dilekatkan pada kepribadian-kepribadian yang negatif, hampir tanpa kelebihan. 

Dianggap sebagai sosok yang banyak negatifnya, misterius dan sulit dimengerti, tahukah kamu kalau anak tengah memiliki keistimewan-keistimewaan berikut ini? Terutama bagi anak ke-2 dari 3 bersaudara.

Keistimewaan itu adalah:

1.    Pandai melihat sesuatu dari 2 sisi
Ia adalah penengah yang baik. Ia mampu untuk membuat keputusan itu menjadi win-win solution maupun diselesaikan secara adil dan bijaksana. Mereka lebih termotivasi oleh keadilan daripada uang ketika membuat pilihan hidup.

2.    Berani mengambil risiko/berani beda
Independensi yang dimilikinya membuatnya menjadi orang yang tangguh dan tahan banting. Ia cenderung berpikiran terbuka dan berani mengambil risiko.

3.    Pandai mengelola keuangan
Kebiasaan diperlakukan berbeda dari si sulung dan si bungsu membuatnya pandai mengelola keuangan bila mau selamat/survive.

4.    Bisa lebih cerdas
Karena ia belajar dari kakak sekaligus mengajarkan kepada adik.

5.    Punya rasa empati yang tinggi
Ia sangat pengertian. Pandai memahami perasaan orang lain.

6.    Paling produktif dan tekun
Si bungsu terbiasa dimanja atau mendapat perlakuan istimewa, sedangkan si sulung cenderung menyuruh adik-adiknya. Jadi, anak tengahlah yang paling banyak bekerja.

7.    Mandiri, tangguh, dan tahan banting
Catherine Salmon, Profesor Psikologi di University of Redlans, California berkata tentang anak tengah, "Mereka akan menjadi baik secara psikologis karena memiliki ruang tersendiri di mana mereka menjadi berbeda, mandiri, tak memiliki tekanan untuk menyesuaikan diri, dan lebih empatik”.
Diduga, kemampuan ini dikembangkan karena anak tengah berusaha mengubah kondisi kurangnya perhatian dari orang tua menjadi sesuatu yang menguntungkan. Ia adalah satu-satunya urutan kelahiran yang tidak menunjukkan sebutan manja.

8.    Pandai berkompromi dan peduli keharmonisan

9.    Cinta damai tetapi juga tidak takut untuk memperjuangkan hak-haknya

10.    Lebih sabar dibanding anak pertama dan anak terakhir
Bila bereaksi terhadap suatu masalah, anak sulung cenderung mudah emosi; sedangkan anak tengah cenderung tenang dan memikirkan dari berbagai segi.

11.    Cenderung setia
Anak tengah cenderung memiliki rasa yang mendalam pada keluarga, teman, dan loyalitas. Menurut riset di tahun 2010, anak tengah cenderung setia. Catherine Salmon mengungkapkan bahwa 80 persen anak tengah tak pernah berselingkuh dari pasangan, sementara anak bungsu hanya 53 persen, sedangkan yang paling berpotensi untuk tidak setia adalah anak sulung. Anak sulung yang tak pernah berselingkuh hanya sebesar 5 persen.

12.    Bisa diandalkan
Berada di urutan ke-2 membuatnya harus siap sedia mengambil alih tugas anak pertama, yaitu bila anak pertama tidak ada atau tidak bisa diandalkan.

13.    Bersifat pembaharu dan pelopor
Orang sering menyebutnya pemberontak, tetapi sebenarnya mereka adalah pembaharu. Banyak dijumpai orang-orang terkemuka yang melakukan pembaharuan-pembaharuan ternyata merupakan anak tengah. Fakta ini termuat pula dalam  Buku The Secret Power of Middle Children, karangan Chatherine Salmon dan Katrin Schumann (2011). Di sana disebutkan bahwa anak tengah adalah agen perubahan dalam bisnis, politik, dan keilmuan, melebihi anak sulung atau bungsu.

Urutan kelahiran hanyalah satu dari sekian banyak faktor penentu kepribadian seorang anak. Akan tetapi, pada umumnya anak tengah memiliki keistimewaan-keistimewaan seperti di atas. 

Kamu anak tengah? Benar tidak ciri-ciri di atas ada pada dirimu?

Sumber:
http://rona.metrotvnews.com/keluarga/PNg4Ql0b-anak-tengah-cenderung-punya-rasa-empati-tinggi
http://wartakota.tribunnews.com/2013/12/17/ini-mitos-anak-urutan-kelahiran-tengah

Sumber gambar: Pixabay