18 Agustus 2017

Iblis Menggodamu Tanpa Lelah, maka Kamu Jangan Pernah Menyerah



Iblis Menggodamu Tanpa Lelah, maka Kamu Jangan Pernah Menyerah
 Mempererat persaudaraan
Sumber: Pixabay (by Sweetlouise)

Iblis merupakan musuh yang nyata bagi manusia. Sejak dilaknat Allah, ia bersumpah akan bersungguh-sungguh menyesatkan anak cucu Adam.


Dari Sa’ad ra, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya setan (iblis) laknatullah telah berkata kepada Tuhannya: ‘Demi kemuliaan-Mu dan keagungan-Mu, Wahai Tuhanku, aku akan terus-menerus menyesatkan hamba-Mu dan memerintahkan mereka untuk melakukan kekufuran dan kemaksiatan selama ruh mereka masih melekat di jasadnya.’ Maka Allah Ta’ala berfirman: ‘Wahai Mal’un (makhluk yang dilaknati), demi kemuliaan-Ku dan keagungan-Ku, Aku tidak henti-hentinya mengampuni mereka selama mereka mau berzikir kepada-Ku dan memohon ampunan dari-Ku’.”

Dalam pelaksanaan sumpahnya, iblis tidak main-main. Mereka bergerak secara terorganisir. Dilakukan pembagian tugas agar tujuan-tujuan yang diharapkan bisa mudah tercapai.

Umar bin Khathab ra. pernah mengatakan bahwa keturunan iblis yang mempunyai tugas menggoda dan menjerumuskan manusia (ke lembah kesesatan) itu ada sembilan, yaitu:

1.    Iblis Zailatun
Bertugas menjerumuskan para pedagang di pasar agar berdusta, mengurangi timbangan, membuat onar di antara para pedagang, dan melakukan bujuk rayu kepada para pedagang agar melakukan penyimpangan dan kecurangan dalam akad jual beli, dengan diiming-imingi agar cepat kaya.

2.    Iblis Wawatsin
Bertugas menggoda dan menjerumuskan orang yang beriman agar selalu menggerutu, tidak sabar, dan tidak ikhlas setiap kali menerima musibah atau cobaan dari Allah.

3.    Iblis Akwan
Bertugas mempengaruhi para remaja dan pimpinan umat supaya selalu berbuat zalim, menjauhi hal-hal yang ma’ruf, serta menanamkan kesenangan berbuat munkar dan maksiat.

4.    Iblis Hafaf
Bertugas menyesatkan dan menjerumuskan kaum muslimin agar minum khamr. Setelah minum khamr, mereka akan mudah terkena maksiat ikutannya seperti berzina, membunuh, berbuat aniaya, dan lain-lain.

5.    Iblis Wamurah
Bertugas menjerumuskan penyanyi agar mendendangkan lagu maksiat, berpenampilan seronok, bergoyang seronok, dan semacamnya.

6.    Iblis Laqwas
Bertugas mempengaruhi manusia agar tetap kafir, tetap musyrik, dan tetap menyembah berhala atau sesembahan lainnya selain Allah.

7.    Iblis A’war
Bertugas mempengaruhi dan menggoda pria dan wanita untuk berzina atau melakukan kemaksiatan lainnya.

8.    Iblis Al-Wasnan
Iblis ini bertugas mengencingi orang supaya malas bangun untuk beribadah.

9.    Iblis Dasim
Bertugas untuk mempengaruhi, menggoda, dan mendorong suami istri untuk menyeleweng. Membuat rumah tangganya tidak harmonis, berantakan, dan bercerai.

Iblis mempunyai spesifikasi tugas seperti di atas. Mereka gigih menggoda manusia sepanjang waktu dan dengan segala cara. Sehubungan dengan sholat misalnya, iblis menggoda manusia agar tidak sholat, mengakhirkan sholat, menyibukkan dengan pekerjaannya, tidak menyempurnakan rukun-rukunnya, memikirkan hal-hal duniawi, dan sebagainya. Sampai manusia targetnya tidak sholat atau sholat tetapi tidak sempurna.

Di antara tipu daya iblis, keberhasilan untuk menjerumuskan manusia ke dalam zina adalah yang salah satu yang paling disukai. Sampai-sampai iblis yang berhasil melakukannya akan diberi mahkota oleh raja iblis. Sebagai alat untuk memuluskannya, iblis menggunakan pandangan mata manusia. Caranya adalah dengan membuat anak cucu Adam melihat hal-hal yang tidak pantas (menimbulkan syahwat).

Ada 15 musuh iblis, sedangkan penolongnya hanya 10 golongan. 

Di antara musuh iblis adalah:
1.    Nabi Muhammad
2.    Imam yang adil
3.    Orang kaya yang tawadlu’
4.    Pedagang yang jujur
5.    Orang alim yang sholat dan khusyu
6.    Orang mukmin yang memberikan nasehat
7.    Orang mukmin yang mempererat persaudaraan
8.    Orang yang bertobat, yang menetapi tobatnya
9.    Orang yang berhati-hati dari barang yang haram
10.    Orang mukmin yang melanggengkan kesuciannya
11.    Orang mukmin yang banyak bersedekah
12.    Orang mukmin yang baik akhlaknya
13.    Orang mukmin yang hidupnya memberi kemanfaatan pada orang lain
14.    Orang yang membaca Al Quran yang senantiasa melanggengkan bacaannya
15.    Orang yang sholat malam, di kala manusia lainnya sedang tidur

Adapun teman iblis (penolongnya) adalah:
1.    Hakim yang durhaka (tidak mau menegakkan keadilan yang sebenarnya)
2.    Orang yang takabur
3.    Pedagang yang khianat
4.    Peminum khamr
5.    Tukang fitnah
6.    Orang yang riya
7.    Orang yang memakan harta anak yatim
8.    Orang yang meremehkan sholat
9.    Orang yang tidak mau mengeluarkan zakat
10.    Orang yang panjang angan-angan (tidak mau merealisasikan dalam bentuk bekerja)

Waspadalah selalu terhadap tipu daya iblis! Para Nabi saja bisa tergoda (misalnya Nabi Adam), apalagi kita yang manusia biasa. Peluang itu pasti ada. Jadi, jangan pernah lengah dan menyerah! Bersungguh-sungguhlah di dalam beribadah dan beramal saleh di dunia ini sebagai bekal di akhirat nanti.


Sumber:
Kauma, F. 1999. Wajah-Wajah Iblis. Jakarta: Kalam Mulia.