19 April 2016

Eksis di Dunia Teknologi Ala Blogger Perempuan

A.  Perempuan dan Dunia Teknologi

Teknologi informasi
Sumber: http://caramita.com/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi.htm



Dunia teknologi pada umumnya dikuasai oleh laki-laki, karena selain otaknya yang memang lebih didesain untuk pekerjaan teknis sifat kerjanya juga lebih cocok untuk kaum Adam. Di sini perempuan menjadi asing dan sangat sedikit yang bisa menembusnya. Akan tetapi, itu tidak menjadikan dunia teknologi benar-benar tertutup bagi perempuan, masih ada bidang-bidang teknologi yang terbilang sangat ramah perempuan, misalnya dunia per-blogging-an. Menurut Bapak Abdul Cholik (salah seorang blogger laki-laki), di dunia per-blogging-an, blogger perempuan setidaknya memiliki 7 keunggulan sebagai berikut:
1.      Kaya akan ide tulisan
2.      Tingkat kepekaannya baik
Peristiwa sekecil apapun bisa menjadi ide tulisan.
3.      Tingkat kesabarannya baik
Bisa menulis artikel yang panjang, mendalam, dan melebar.
4.      Tingkat ketelitiannya tinggi 
Tulisannya jarang yang banyak salah ketik, tampilan blognya rata-rata rapi dari header sampai footer, dan aksesoris headernya ciamik.
5.      Daya juangnya tinggi
6.      Rajin upgrade diri
Blogger wanita lebih sering mengikuti seminar atau workshop tentang blogging atau menulis, baik online maupun offline.
7.      Memiliki soliditas yang baik

Hmm...banyak juga ya keunggulannya. Nah, kaum Hawa, sadarkah kalian dengan modal keunggulan-keunggulan tersebut? Blogger laki-laki saja mengakuinya. Ini angin segar dong buat para blogger perempuan bahwa mereka juga bisa eksis di dunia teknologi.


B.  Blogging, dari Curahan Hati hingga Berburu Pundi-Pundi

 Sumber: http://paman-guru.blogspot.co.id/2011/12/betting-game-game-pembelajaran-bahasa.html

Seiring dengan kemajuan teknologi, kegiatan blogging semakin marak. Telah terjadi pergeseran besar dari blog yang berisi sekadar curahan hati menjadi tempat berburu pundi-pundi. Dari hari ke hari para blogger juga semakin diakui keberadaannya, hal itu terlihat dari banyaknya user yang menggunakan jasa mereka. User senang karena biaya pemasaran bisa ditekan dengan keberadaan blogger sebaliknya blogger pun senang karena bisa mendapatkan imbalan-imbalannya (reward-reward-nya). 

Mengadakan lomba blog adalah salah satu cara yang diambil oleh user untuk membuat blogger aktif berpartisipasi. Tujuannya bermacam-macam, namun yang paling sering adalah 7 (tujuh) tujuan/tipe lomba berikut:
1.      Review,
2.      Penyuluhan/sosialisasi,
3.      Promosi,
4.      Kampanye,
5.      Mencari pendapat/masukan,
6.      Meningkatkan lalu lintas ke web penyelenggara, dan
7.      Membentuk/memperbaiki imej (membentuk opini publik).

Karena tujuannya berbeda-beda maka kriteria penilaian utama mereka juga bisa berbeda: ada yang berdasarkan SEO (Search Engine Optimization), berdasarkan isi (kebaruan, keunikan, kedalaman, kelengkapan, kemampuan menginspirasi keluarnya ide baru), infografis/desain, popularitas (vote, comment, like, view), atau lainnya. Ini yang harus diperhatikan bagi blogger yang ingin berburu pundi-pundi melalui lomba blog.

Bagi yang tidak suka dengan cara di atas masih ada cara lain untuk mendapat penghasilan melalui blog, misalnya melalui iklan (google adsense, PPC, afiliasi, atau lainnya), meresensi/mereview buku (ini bisa mendatangkan reward berupa buku), berjualan online, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa browsing di Google karena pembahasan untuk masing-masing topik tersebut sangatlah luas.


C.  Pekerjaan atau Hobi?

Blogging itu pekerjaan atau hobi sih? Jawabannya tentu dikembalikan kepada blogger masing-masing. Sedalam apa dia menekuni dunia blog dan memberi arti di dalam aktivitas blogging tersebut. Biasanya akan terlihat bedanya antara blog untuk pribadi dan blog untuk komersial (untuk mendapat penghasilan), misalnya pada isinya, iklan-iklan yang ditampilkan, banner-banner lomba, job review, dan sebagainya. 

Blog pribadi isinya sesuka hati (semau gue), bisa tentang curahan hati, pendapat-pendapat tentang sesuatu, karya-karya pribadi, sharing ilmu, pencitraan diri (branding diri) untuk mendukung profesi/pekerjaan, atau apa saja. Namanya juga pribadi, tidak terikat pada aturan-aturan khusus. 

Berbeda dengan blog pribadi, blog komersial terikat oleh syarat-syarat yang harus dipenuhi, misalnya blogger harus membuat tulisan bertema “X” minimal sebanyak 300 kata, ada pencantuman keyword (kata kunci) tertentu, pemasangan banner, berapa PA (Page Authority)/DA (Domain Authority)/PR (Page Rank) minimal yang harus dimiliki, adanya link yang mengarah ke web user, dan sebagainya. 

Sebenarnya blog pribadi pun dalam perjalanannya bisa saja mendatangkan penghasilan sehingga pembedaan antara blog pribadi dan blog komersial juga masih mengandung hal-hal yang bersifat rancu. Namun permasalahan itu tidaklah prinsipil, jika bisa mendapatkan penghasilan dari blog mengapa tidak?


D.  Komunitas Sangat Membantu

Blogger-blogger dengan minat atau kesamaan khusus seperti jenis kelamin, agama, daerah, hobi, atau tujuan biasanya membentuk komunitas. Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran komunitas blogger sangatlah membantu. Dengan mengikuti komunitas yang tepat seorang blogger bisa melejitkan kemampuannya dalam waktu yang lebih singkat, semacam daya dongkrak. Bagaimanapun bersinergi/bekerja sama itu lebih baik hasilnya daripada sendirian, bukan? Dan mendapatkan guru yang tepat lebih baik daripada belajar secara otodidak. 

 
Healthy Blogging bersama KEB
Sumber: https://ceritaeka.com/2012/05/21/emak-emak-blogger/


Dewasa ini komunitas-komunitas blogger yang anggotanya khusus perempuan juga sudah mudah dijumpai, sebut saja Blogger Perempuan, Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB), Blogger Muslimah, dan Blogger Gandjel Rel. Semua komunitas tadi terbuka untuk umum, kecuali Blogger Gandjel Rel yang hanya diperuntukkan bagi blogger perempuan di wilayah Semarang. Mereka banyak mengadakan kegiatan positif  bagi anggotanya, baik itu untuk meningkatkan kemampuan menulis dan ngeblog atau untuk meningkatkan kemampuan lain yang berhubungan dengan dunia perempuan. Kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan misalnya menyebarkan virus blogging; berbagi konten positif; mengadakan lomba blog; bekerja sama dengan berbagai pihak dan menghadiri undangan acara; mengadakan kelas online blogging dan editing; berbagi ilmu dan inspirasi; mengadakan pelatihan menulis konten, blogging dan media sosial; serta melakukan liputan acara dan menulis review melalui blog. Telah banyak buktinya bahwa nama dari anggota-anggota mereka sering muncul sebagai pemenang dari berbagai lomba blog dan kompetisi menulis. Jadi, jika Anda belum bergabung dengan komunitas apapun tidak ada salahnya untuk mencobanya.


E.   Blogger Perempuan juga Bisa Sukses

Blogger-blogger perempuan yang sukses
Dari kiri ke kanan: Leyla Hana, Naqiyyah Syam, Gina Trapani, dan Linda Ikeji


Terbukti bukan bahwa blogger perempuan bukanlah pemain yang sambil lalu di dunia per-blogging-an. Jangan pernah sepelekan mereka! Kalau menyebut nama-nama blogger perempuan dari Indonesia yang langganan juara lomba blog ada yang namanya Leyla Hana, Langit Amaravati, Evrinasp, Rodame Napitupulu, dan Naqiyyah Syam.  Kalau dari luar negeri lebih wah. Blog Lifehacker milik Gina Trapani malah berhasil masuk ke dalam jajaran 10 blog terpopuler dan berpendapatan tertinggi di dunia. Ini tidaklah mengherankan karena Gina sangat aktif dan produktif di dalam mengelola blog tentang hack dan software miliknya tersebut dengan melakukan update sekitar 18 kali setiap hari kerja. Hasilnya, setiap bulan pendapatannya diketahui berkisar antara $ 110.000. Sungguh menggiurkan!

Selain Gina Trapani masih ada blogger perempuan lain yang prestasinya tidak kalah mengagumkan. Dialah Linda Ikeji. Kalau para blogger lain umumnya berburu blog berbayar, bingung mendesain dengan cantik, dan ribut masalah SEO demi untuk mendapat penghasilan, Linda malah berhasil mendapat penghasilan 70 milyar rupiah (postingan web http://www.blogooblok.com/2015/02/wanita-ini-berpenghasilan-rp70-miliar.html pada Februari 2015) dari blog gratisan (http://www.lindaikeji.blogspot.com/) dengan tanpa memperhatikan hal-hal di atas tadi. Itupun hanya dari satu blog. Dibutuhkan waktu sekitar 5 tahun sebelum akhirnya dia bisa meraih kesuksesan yang tidak disengaja tersebut. Bahkan, nyaris tanpa pemasaran kecuali melalui satu slot di sidebar blognya yang menjelaskan cara untuk beriklan. Walau demikian, tawaran iklan ke blog Linda tersebut makin hari makin banyak. Iklan-iklan inilah yang bersama dengan Google Adsense berhasil mengantarkan Linda menjadi milyarder berkat blognya. 

Sebenarnya masih banyak jajaran blogger perempuan sukses lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Kabar baiknya, aktivitas ngeblog ini bisa dilakukan oleh wanita karir maupun ibu rumah tangga atau wanita dengan latar belakang apapun. Tinggal masalah kemauan saja, cari waktu yang tepat dan...ngeblog deh. Penghasilannya bisa lumayan lho kalau diseriusi, bisa untuk membantu suami atau untuk keperluan lain. 


Aku dan salah satu bukti kemenanganku
Gambar milik pribadi


Saya sudah membuktikan sendiri setelah bertahun-tahun terjun sebagai blogger. Kalau saya pribadi adalah tipe blogger yang rajin ikut lomba blog. Dari awal saya tidak pernah menang alhamdulillah lambat laun kemudian ada juga hadiah yang nyangkut (berhasil diraih). Hingga akhirnya saat ini telah banyak kemenangan yang saya peroleh. Hasil ini tidak saya peroleh dalam sekejap mata, tetapi melalui suatu proses yang panjang. Saya jadi teringat akan kata-kata seorang teman di awal-awal saya menjadi penulis, “Man Jadda wa Jada” (Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan). Terima kasih kepada temanku mas Destika Cahyana yang sudah mengingatkan pada kata-kata indah nan menguatkan hati tersebut. 

Eksis dan tetap survive itu dibutuhkan di dalam segala situasi, tinggal pintar-pintarnya kita saja untuk mencari celahnya. Seperti di dunia teknologi informasi ini, blogging adalah salah satu cara bagi perempuan untuk eksis. Mau coba?



Sumber:
http://www.blogooblok.com/2015/02/wanita-ini-berpenghasilan-rp70-miliar.html
http://4muda.com/10-blog-terpopuler-dan-berpendapatan-tertinggi-di-dunia/
http://www.abdulcholik.com/opini/7-keunggulan-blogger-perempuan
http://www.gandjelrel.com/p/about-us.html http://citizen6.liputan6.com/read/697989/kumpulan-emak-blogger-segudang-prestasi-kaya-inspirasi

Sumber gambar blogger-blogger perempuan yang sukses:
http://www.mangyono.com/2016/01/leyla-hana-penulis-novel-yang-bisa-membagi-waktu.html 
http://www.nairaland.com/1438537/linda-ikeji-vs-bella-naija
http://www.ontakingpictures.com/2011/05/gina-trapani/
http://www.wartaseni.com/2015/02/naqiyyah-syam-full-mother-time-dan-full-writer.html