07 April 2022

Buku-Buku Rekomendasi tentang Abuser atau Controlling People

 

Abuser ataupun controlling people adalah sesuatu yang rumit dan sulit dipahami. Sepanjang aku mendalami bahasan ini, banyak hal yang tidak kutahu dan aku menduga kemungkinan besar orang juga demikian. Itu mungkin nggak seremeh atau sesimpel bayanganmu. Ada banyak hal yang mungkin akan kamu anggap normal padahal itu abusive atau controlling.


Wajar sebenarnya kalau orang awam sepertiku tidak banyak tahu. Jangankan orang awam, para ahli saja ada yang hanya tahu parsial, ada juga yang tidak tahu. Bahkan, ada juga yang malah membela abusernya.


Begitupun selama aku dalam proses pencarian jodohku. Aku ketemu buanyak sekali abuser/controlling people. Jenisnya pun macam-macam. Ada yang implisit, ada yang terang-terangan. Ada yang berkedok "ini", ada yang berkedok "itu". Ada yang sudah sejak awal abusive, ada yang direncanakan dulu, misal ntar abuse-nya setelah nikah. Ada yang hard abuse, ada yang soft abuse. Ada yang mudah terdeteksi, ada yang tidak. Ada yang abusive tentang uang, ada yang abusive tentang s*ksual, fisik, atau lainnya. Buanyak sekali. Jadi, misal kamu sedang cari jodoh sepertiku trus ada orang nyalah-nyalahin kamu karena tuduhnya kamunya yang bikin cowok gini gitu, kuberi tahu dulu ya emang cowok ga bener itu buanyak. Abuser itu buanyak. Jangan terjebak untuk meragukan dirimu sendiri, padahal kamu yang ori aslinya meragukan cowok tersebut.


Aku berusaha keras mengedukasi diriku sendiri dan terutama para wanita lain agar tidak terjebak dengan mereka.


Aku menemukan beberapa buku yang pernah kubaca (dan yang kebetulan ingat judulnya) sangat bermanfaat untuk membantumu dalam hal ini:

1. Why does he do that,

2. But he says he loves me,

3. Controlling people

4. 54 practical tips for dealing with psychopaths and narcissists

5. Danger: 50 things you should not do with a narcissist

6. Escape: how to beat the narcissist


Ini adalah buku-buku yang mendalam dan dengan perspektif yang unik. Isinya saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Jika memungkinkan, aku merekomendasikan padamu untuk membaca semuanya. Lalu sebarkan pada wanita-wanita lain, agar semakin banyak wanita yang mampu menemukan hubungan yang sehat, baik itu tentang cinta sejatinya atau lainnya.


Sebenarnya ada beberapa judul lain juga, mungkin kalau aku ingat atau ada tambahan lain bisa ku-update lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.