21 Maret 2022

Review Buku "Do < Get >" (Do Less Get More)

"Do < Get >," how to work smart and live life your way

Penulis: Shaa Wasmund


Masih dengan buku "Do less", kali ini aku mau mereview buku "Do < Get >" (baca: do less get more). Buku ini beda ya dengan kebanyakan buku yang serupa. Malahan, aku nggak ngira kalau isinya beda banget. Kalau biasanya buku "do less" itu tentang gimana cara kamu merapikan dan mempersingkat waktu ber-email, telepon, rapat, dll. Buku ini nggak. Mungkin kayak nyuruh kamu nyari sendiri caranya. Dia lebih ke "esensial" daripada "do less"-nya. 


Ini buku yang kreatif. Dia beda. Isinya lebih ke menginspirasi, memotivasi, atau bersifat open mind (membuka pikiran). Shaa Wasmund, penulisnya, mengajarkan pada kita untuk berfokus pada hal-hal yang penting, yaitu terkait pikiran kita, orang-orang, proyek-proyek, keputusan-keputusan, digital, dan lain-lain. 


Dia didesain dengan sangat enak bahasa dan penampilannya. Bahasanya sederhana dan ringan. Akan tetapi, dia tidak "mengalir". Di satu sisi aku merasa isinya kaya banget, tapi di sisi lain aku merasa isinya kurang terfokus. Dia seperti puzzle, kompilasi/tempelan dari berbagai sumber. Aku kurang tau itu termasuk ranah kesatuan atau koherensi atau alurnya yang nggak pas/kurang. Ada bagian dari bacaan itu yang ngganjel dan nggak bikin lancar jaya. Itu yang disayangkan banget. Padahal, bahasa udah dapet, keterbacaan (layout) udah enak, isi juga udah mudah dipahami, cuma kurang fokus aja. Sama satu lagi sih, ada gambar-gambar hiasan pada buku yang nggak match dengan isi bukunya dan bikin bukunya jadi aneh banget. Ada gambar yang mengganggu gitu. 


Tapi secara keseluruhan aku suka buku  "Do < Get >" (baca: do less get more) ini dan aku merekomendasikannya untuk dibaca. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.