22 Februari 2018

Tips Berkomunikasi Secara Efektif



Tips Berkomunikasi Secara Efektif
 Bercakap-cakap

Berkomunikasi tidaklah selalu mudah bagi setiap orang. Sebagian orang begitu kesulitan membuat pembicaraan menjadi lancar dan seimbang. Terkadang mungkin kita yang over bicara dan mendominasi, terkadang sebaliknya. Atau, bisa juga, kita sama-sama ingin bicara tetapi tidak tahu bahan pembicaraan selanjutnya.

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu:

1.   Gunakan pertanyaan yang baik, yaitu pertanyaan yang:
a.  Berkaitan dengan apa yang baru saja dikatakan oleh lawan bicara
b.  Membantu mencari kesamaan
c.  Melancarkan alur pembicaraan
d.  Mengarah ke jawaban yang lebih kompleks

2.   Bila mengajukan pertanyaan sensitif, gunakan:
a.  “Maaf bertanya, tetapi ...”
b.  “Saya ingin tahu, jika Anda tidak keberatan menjelaskannya kepada saya ...”
c.  “Kalau tidak keberatan dengan pertanyaan saya ...”
d.  “Saya harap tidak menyinggung hal yang pribadi, tetapi ...”
e.  “Anda boleh tidak menjawabnya, tetapi ...”

3.   Pilihlah bahan pembicaraan yang bersifat netral

4.   Konkret
Menggunakan kata-kata yang telah digunakan oleh lawan bicara, tetapi dikembangkan.

5.   Jangan gunakan kata “mesti”, “harus”, “sebaiknya”, “seharusnya”, “sejujurnya”, “terus terang saja”, “sebenarnya”, atau kalimat “jika saya menjadi Anda, saya akan ...”.
Hapus semua kata jaminan kejujuran.

6.   Hati-hati dengan percakapan rahasia
7.   Jangan membesar-besarkan diri sendiri!
8.   Jangan suka mengeluh
9.   Jangan suka merendahkan orang lain dan pandangannya
10.     Jangan merendahkan diri sendiri!
11.     Gunakan kalimat efektif, dan hindari penggunaan kata-kata yang salah
12.     Hindari penggunaan jargon, bahasa komputer, bahasa “kelas tinggi”, dan kata-kata sifat yang tidak perlu
13.     Jangan mengakhiri pernyataan dengan nada bertanya, misalnya: Saya tidak tahu?
14.     Selesaikan kalimat Anda

Komunikasi yang baik adalah tentang membuat nyaman lawan bicara. Perhatikan hal-hal di atas agar kemampuan komunikasi Anda menjadi lebih baik!


Sumber:
Maggio, Rosalie. 2006. Sukses Berbicara dengan Siapa Saja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Sumber gambar: Pexels