16 Juli 2016

Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan


A.  Anyang-Anyangan dan Kebiasaan Kerja Lupa Waktu


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
 Pekerja Keras Berisiko Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan dan berbagai gangguan kesehatan lain kerapkali mengintai orang yang suka kerja lupa waktu. Termasuk saya, yang dalam keseharian kadang kurang minum atau suka menahan kencing karena terlalu asyik bekerja. Ini karena mumpung internet lancar, atau kebetulan sedang mengejar deadline, atau bisa juga untuk menjaga agar aliran ide yang ada tidak terputus. Kalau tiba-tiba ditinggal biasanya suka lupa mau menulis apa, meskipun sudah diberi poin-poin pembantu, brainsorming, atau semacamnya. Apalagi tempat kerjanya ada di lantai 2, capek dan malas kalau harus naik turun tangga sekadar untuk minum atau buang air kecil. Sebenarnya saya biasa nyetok air juga dalam ceret untuk menghindari keribetan-keribetan tadi, tapi jika sudah habis kadang tidak segera diisi kembali. Itu membuat saya kadang mengalami anyang-anyangan. Kalau sudah begini pekerjaan jadi terpengaruh, selain diri sendiri juga pasti merasa tidak nyaman.


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Pekerja Keras Biasanya Suka Menahan Buang Air Kecil


Saya yakin ada banyak pekerja lain seperti saya. Kesibukan dalam bekerja membuatnya lupa untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya akan air dan suka menahan buang air kecil. Mungkin saat itu sedang rapat atau acara penting; mungkin untuk memenuhi target kerja; sungkan (tidak enak hati) memutus pembicaraan untuk pergi ke toilet; jijik dengan kondisi toilet yang ada; atau berada pada kondisi yang tidak memungkinkan untuk minum atau buang air kecil, misalnya tidak menemukan toilet yang dekat; atau alasan-alasan lain. Apapun alasannya sadarilah bahwa kebiasaan-kebiasaan itu bisa menyebabkan anyang-anyangan.



B.  Anyang-Anyangan pada Wanita


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
 Anyang-Anyangan pada Wanita

Anyang-anyangan pada wanita lebih sering ditemui daripada pada pria. Ini disebabkan karena saluran kencing (jarak uretra dengan anus) wanita lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih.


Risiko wanita menderita anyang-anyangan akan semakin meningkat jika:

1.    Aktif secara seksual,

2.    Menggunakan alat kontrasepsi, terutama kontrasepsi diafragma dan spermisida,

3.    Menopause,

4.    Memiliki kelainan saluran kemih bawaan sehingga urine tidak dapat keluar dari tubuh dengan normal atau mengalir kembali ke kandung kemih,

5.    Menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat penyakit tertentu, misalnya diabetes,

6.    Mengalami penumpukan urine pada kandung kemih akibat sumbatan pada saluran kemih seperti pembesaran prostat yang menekan saluran kemih atau batu ginjal,

7.    Menggunakan kateter untuk buang air kecil,

8.    Hamil trimester ke-3


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Frekuensi Normal Buang Air Kecil dalam Sehari

Karena saya wanita, dengan kebiasaan-kebiasaan buruk tadi (malas minum dan sering menahan buang air kecil) tentu risiko untuk terkena anyang-anyangan lebih besar. Akan tetapi, ternyata penyebab anyang-anyangan bukan hanya itu. Masih banyak penyebab lainnya. Apa saja?



C.  Penyebab Anyang-Anyangan pada Wanita


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
 Penyebab Anyang-Anyangan

Secara garis besar penyebab anyang-anyangan dapat dibagi menjadi 3, yaitu adanya bakteri E. coli di dalam saluran kemih atau vagina, sering menahan kencing, dan sedang hamil trimester ke-3. Jadi, apapun yang membuat bakteri E. coli masuk ke dalam saluran kemih/vagina, membuat kondisinya baik untuk berkembang biak, atau tetap berada di dalam organ tersebut otomatis bisa menyebabkan anyang-anyangan, misalnya:

1.    Kurang minum air putih, apalagi jika disertai dengan aktivitas fisik yang berlebihan,

2.    Cebok setelah buang air besar dengan arah yang salah (dari belakang ke depan),

3.    Kurang menjaga kebersihan celana dalam,

4.    Buang air di toilet umum yang kotor, dan

5.    Memakai celana dalam ketat



D.  Akibat dari Anyang-Anyangan


Mungkin belum banyak yang tahu kalau anyang-anyangan tidak bisa dianggap remeh. Padahal, selain merupakan salah satu dari gejala infeksi saluran kemih, anyang-anyangan juga bisa menyebabkan infeksi ginjal. Ini terjadi jika infeksi saluran kemih (ISK) yang dideritanya tidak segera diobati. Bakteri yang sudah berada di saluran kemih tadi lalu menuju ke kandung kemih (menjadi infeksi kandung kemih) terus ke ginjal dan menginfeksi organ tersebut (infeksi ginjal). Infeksi ginjal yang sudah akut atau kronis ini kemudian lambat lain bisa menyebabkan kerusakan ginjal, terutama pada anak-anak.

Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Anyang-Anyangan Merupakan Gejala Infeksi Saluran Kemih


Anyang-anyangan memang merupakan salah satu gejala dari infeksi saluran kemih/Infeksi Saluran Kencing (ISK). Infeksi saluran kemih (urinary tract infection) terjadi saat bakteri E.coli menyerang sistem saluran kemih. Jika menginfeksi ureter dan ginjal, maka disebut Infeksi Saluran Kemih atas (ISK atas), sedangkan jika menginfeksi uretra dan kandung kemih maka disebut Infeksi Saluran Kemih bawah (ISK bawah). ISK atas ditandai dengan nyeri selangkangan, mual, dan demam; sedangkan ISK bawah ditandai dengan anyang-anyangan (rasa ingin selalu buang air kecil), sakit buang air kecil (sakit saat kencing), serta urin yang berwarna keruh dan berbau menyengat. Lima dari sepuluh wanita pernah mengalami infeksi seperti ini, bahkan tak jarang pula mereka mengalaminya berulang-ulang.

Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Anyang-Anyangan pada Ibu Hamil Berbahaya


Pada ibu hamil anyang-anyangan juga tidak kalah bahayanya. Jika tidak ditangani anyang-anyangan bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Bahaya sekali, bukan?



E.  Pekerja yang Duduk Lama Berisiko Lebih Tinggi Mengalami Penyakit Ginjal


Sebagaimana pada uraian di atas, orang yang suka kerja lupa waktu berisiko terkena anyang-anyangan akibat kurang minum atau menahan buang air kecil. Sedang anyang-anyangan sendiri jika sudah parah maka bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Akan tetapi, orang-orang dengan sifat kerja yang banyak duduk seperti saya (saya penulis, sehingga banyak duduk) berpotensi lebih tinggi untuk menderita penyakit ginjal, yaitu penyakit ginjal kronik. Bukan hanya karena 2 alasan tadi tetapi karena durasi waktu duduknya sendiri juga mendukung ke arah itu. Potensi semakin meningkat lagi jika jenis kelaminnya wanita.


Hasil penelitian yang dimuat di American Journal of Kidney Disesase tersebut merupakan penelitian pertama yang mengamati hubungan antara duduk lama dengan penyakit ginjal kronik. Pada penelitian ini, wanita dengan total waktu duduk di bawah tiga jam per hari, berisiko lebih rendah 30% dalam menderita sakit ginjal kronik dibandingkan dengan wanita yang duduk dengan total waktu di atas 8 jam per hari. Padahal, jika seseorang menderita penyakit ginjal maka risikonya dalam menderita penyakit jantung, anemia, penyakit tulang, dan lain-lain meningkat.


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Minum Air Putih yang Cukup

Hiy...menyeramkan, bukan? Makanya, mulai sekarang jangan malas buang air kecil dan minum air putih lagi dan hindari duduk terlalu lama. Jika sifat kerja memang membutuhkan duduk lama dan tidak dimungkinkan untuk menghindarinya maka setidaknya Anda bisa memperkecil risiko menderita penyakit ginjal dengan mencegah diri dari anyang-anyangan. Sayangi ginjal Anda dengan mencegah anyang-anyangan sedini mungkin.



F.   Cara Mencegah Anyang-Anyangan


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Mengkonsumsi Air Putih Sesuai Kebutuhan Tubuh

 Kalau seperti kasus saya, anyang-anyangan-(nya) lebih disebabkan karena kurang minum air putih dan sering menahan buang air kecil. Jadi, tentu saja untuk mencegah agar tidak anyang-anyangan lagi saya perlu minum air putih yang cukup dan tidak menahan buang air kecil. Akan tetapi, selain dari 2 cara tersebut sebenarnya masih ada beberapa cara lain untuk mencegah anyang-anyangan. Prinsipnya adalah mencegah masuknya bakteri E. coli ke dalam saluran kemih/vagina atau jika bakteri tersebut sudah ada di dalamnya maka dapat segera keluar dari organ tersebut, caranya adalah dengan:

  1. Membasuh organ intim dengan air mengalir sebelum dan sesudah berhubungan seksual,
  2. Buang air kecil setelah berhubungan seksual,
  3. Cebok dari arah depan ke belakang,
  4. Menghindari pemakaian celana dalam ketat,
  5. Mengkonsumsi yoghurt,
  6. Mengganti pakaian dalam 2-3 kali sehari,
  7. Mandi dengan air yang mengalir, dan
  8. Membersihkan toilet umum dengan tisu sebelum digunakan.


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Bersihkan Toilet dengan Tisu Sebelum Digunakan



G. Cara Menghilangkan Anyang-Anyangan


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Bebas dari Anyang-Anyangan

Saat anyang-anyangan rasanya saya merasa sangat tidak nyaman. Sebentar-sebentar harus ke kamar mandi untuk buang air kecil. Acara bercengkrama dengan keluarga pun jadi terganggu, lagi asyik-asyiknya ngobrol eh kebelet pipis lagi. Tapi saya masih taraf ringan ya, pada orang-orang dengan anyang-anyangan taraf berat sudah terjadi infeksi saluran kemih sehingga merasa nyeri dan mengalami demam. Pernah dulu ada seseorang yang sakit infeksi saluran kencing semacam ini dan ketika dibawa berobat ke dokter berkali-kali didiagnosa salah oleh dokter sebagai penyakit tipes. Baru pada dokter yang ke sekian ia didiagnosa dengan tepat dan sembuh dari penyakitnya. Bayangkan, baru dalam tahap infeksi saluran kemih saja sudah sangat menderita, apalagi kalau sudah berada pada tahap terkena infeksi ginjal atau kerusakan ginjal.


Anda yang sudah terlanjur terkena anyang-anyangan mungkin akan mencari-cari apa nama obat anyang-anyangan yang sekiranya ampuh atau bagaimana cara menghilangkan gangguan tersebut. Seandainya Anda tahu ternyata caranya sangat mudah, yaitu dengan sering mengkonsumsi buah cranberry atau suplemen yang mengandung ekstrak buah cranberry. Khasiat dari buah cranberry ini sudah terbukti secara klinis bahwa mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing dan pada bulan April 2004 lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, telah mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing.



Cranberry


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Buah Cranberry

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang berupa semak dan biasanya tumbuh liar. Di dalamnya terkandung Proantocyanidin (PAC) yang efektif mencegah penempelan bakteri E. coli pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Selain proantocyanidin (PAC), cranberry juga mengandung vitamin C yang berfungsi melancarkan pencernaan dan menjaga janin tetap sehat serta vitamin E yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Belum lagi kandungan quercetin, peonidin, sianidin, serat makanan, polifenol, vitamin, serta mineral dan flavonoid antosianidin di dalamnya yang membuat buah ini memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, meningkatkan lemak baik di dalam tubuh, sebagai antioksidan, serta menyehatkan jantung dan mencegah kanker.

Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
Jus Cranberry


Untuk mendapatkan khasiat anti anyang-anyangan dari cranberry, Anda cukup mengolahnya menjadi jus (jus cranberry) lalu meminumnya. Atau bagi Anda yang suka kepraktisan dan tidak ingin ribet manfaat serupa bisa didapatkan dengan mengkonsumsi Prive Uri-Cran.



Prive Uri-Cran


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
 Prive Uri-Cran

Prive Uri-Cran merupakan suplemen yang terbuat dari bahan alami berupa ekstrak buah cranberry. Suplemen ini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. Karena terbuat dari bahan alami maka ia sangat aman dikonsumsi, bahkan oleh ibu hamil sekalipun. Tak hanya itu, ia juga masih memiliki kelebihan lain, yaitu tidak menimbulkan resistensi. Resistensi adalah keadaan di mana seseorang akan kebal dengan penggunaan antibiotik.


Pekerja Keras dan Risiko Anyang-Anyangan
 Prive Uri-Cran Serbuk

Prive Uri-Cran tersedia dalam 2 kemasan, yaitu bentuk kapsul (Prive Uri-Cran capsule) yang praktis diminum di mana saja dan bentuk powder sachet (Prive Uri-Cran plus) yang enak diminum dengan air dingin. Dengan harga antara 94 ribu-121 ribu rupiah Anda bisa mendapatkan saluran kemih yang sehat dan terbebas dari penyakit anyang-anyangan.


Anda anyang-anyangan? Segera cari Prive Uri-Cran di Guardian atau Kimia Farma terdekat!


Untung ada Prive Uri-Cran. Nggak khawatir anyang-anyangan lagi deh sekarang. Prive Uri-Cran memang sahabat wanita. Ingin tahu lebih lengkap tentang Prive Uri-Cran? Kunjungi FB-nya di https://www.facebook.com/priveuricran.


Sumber:

http://www.mypriveworld.com/cranberry-story/

http://www.mypriveworld.com/2016/04/14/mengapa-wanita-lebih-rentan-terkena-anyang-anyangan/

https://www.facebook.com/priveuricran/

http://www.mypriveworld.com/2016/04/15/benarkah-ibu-hamil-lebih-berisiko-terkena-anyang-anyangan-2/

https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/terlalu-lama-duduk-dan-risiko-ginjal