21 Januari 2023

Review Buku "10 Simple Solutions to Adult ADD"

10 Simple Solutions to Adult ADD: how to overcome chronic distraction & accomplish your goals

Penulis: Stephanie Moulton Sarkis


10 Simple Solutions to Adult ADD

Kali ini aku mo ngereview tentang ADD, "tetangganya ADHD." Apa sih bedanya? Bukunya judulnya 10 Simple Solutions to Adult ADD.


Pertama lihat judulnya, kupikir 10 solusi sederhana yang dimaksud itu ya 10 poin/tips/perilaku/semacamnya, taunya 10 bab/bahasan besar, yang terdiri dari:

1. Understanding ADD,

2. Medication,

3. Reduce clutter and get organized,

4. Stop being a "loser",

5. Manage your time,

6. Make your money work for you,

7. Practice good self care,

8. Find a job that fits you,

9. Improve your social skills,

10. Enrich your relationships


Secara isi mirip dengan Fast Minds, padahal Fast Minds itu bahas ADHD, sedangkan buku ini bahas ADD.


Kalau di salah satu situs internet, katanya bedanya pada hiperaktif dan tidaknya. Kalau lihat kepanjangannya sih gitu, ADD (Attention Deficit Disorder), sedangkan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). 


Tapi ada juga web yang memasukkan ADD menjadi bagian dari ADHD. Istilah ADD sudah dihapus sejak kalau nggak salah DSM IV. Nah, tapi lagi, pada buku Healing ADD karya Daniel G. Amen itu, ternyata ADD ada 6 macam dan ada juga ADD yang hiperaktif, misalnya ADD tipe 1. Jadi, di sini kusimpulkan, mungkin ada yang mengelompokkan ADD menjadi bagian dari ADHD dan ada juga yang sebaliknya, mengelompokkan ADHD menjadi bagian dari ADD.


So, isi dan kualitas buku 10 Simple Solutions to Adult ADD ini kurang lebih sama dan setara dengan Fast Minds, berupa perbaikan habit plus sedikit pengenalan tentang ADD/ADHD dan medikasi/pengobatan dan terapinya. Tebel juga. Cuma, buku yang ini lebih sistematis/to the point/lebih enak dibaca oleh penderita ADD. Sesuai dengan judul, isinya lebih menonjolkan tipsnya. Sementara secara kesantunan bahasa lebih ramah Fast Minds.


Ya, itu plus minusnya. Setara kok. Kamu bisa pilih salah satunya dan ga akan terlalu ada bedanya antara Fast Minds dan 10 Simple Solutions to Adult ADD.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.