28 Juli 2022

Review Buku "Mind Management, Not Time Management"

"Mind Management, Not Time Management," productivity when creativity matter

Penulis: David Kadavy


Mind management, not time management


Judul buku "Mind Management, Not Time Management" ini sangat antimainstream ya. Ini adalah teori/pendekatan baru dalam produktivitas sehingga aku tertarik membacanya. Aku lupa awalnya tahu dari mana. Mungkin dari IG. Trus aku nyari deh bukunya.


Jadi, David Kadavy, penulisnya itu menemukan teori baru. Dia ini suka mempraktekkan berbagai teori yang ada plus bereksperimen sendiri sehingga akhirnya menemukan mind management dan teori-teori lain yang disampaikan di dalam buku ini. Dia menjelaskan kenapa time management itu salah atau nggak berhasil, lalu dia menawarkan teori yang menurutnya lebih tepat dan lebih baik yaitu mind management.


Awalnya aku ragu baca buku ini karena covernya sangat nggak menarik dan ala-ala jadul, terkesan seperti buku yang mbosenin dan berat (aku baca yang covernya gradasi hijau). Sampai bab-bab awal juga sangat bertele-tele dan mbosenin. Baru ketika bacanya udah agak jauh, aku menemukan beberapa hal yang membuatku tertarik. 


Di sini aku baru memahami beda antara insight dan analisis, cara-cara bekerja efektif dan efisien mengikuti cara kerja otak dan psikologi, cara menyesuaikan ritme diri dengan perubahan siang dan malam, perubahan musim, perubahan lokasi/negara, lingkungan kantor, dll. Selain mengatakan bahwa manajemen waktu itu tidak efektif, penulis juga mengajarkan perubahan dalam menjadwalkan aktivitas, mengajarkan 4 tahap kreativitas, serta membuat sistem kreatif. Namun, itu versi penulis. Tiap orang harus mencari sendiri metode apa yang pas untuk dirinya.


Aku mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan metode baru dari sini, yang mungkin bisa kucoba untuk memperbaiki efektivitas dan efisiensi kerjaku. Meskipun, tak semua isi dari buku ini kupahami. 

Aku uda baca beberapa buku produktivitas tapi yang ini isinya bener-bener baru buatku. Selain ini, aku masih punya beberapa buku produktivitas lain yang sepertinya masing-masing juga punya pendekatan beda-beda, dan rencananya mau ku-kepo-in juga gitu. Tapi ... yang paling penting adalah diterapkan dulu, jangan kebanyakan baca. Diproses dan dicoba dulu.

Okey. 


Jadi, intinya buku "Mind Management, Not Time Management" ini patut untuk kamu baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.