09 April 2022

Review Buku "Think Big!"

"Think Big!" Be positive and be brave to achieve your dreams

Penulis: Ryuho Okawa


"Think Big!" adalah buku tentang filosofi-filosofi atau pelajaran-pelajaran hidup dari Ryuho Okawa, penulisnya. Dia berisi berbagai perspektif unik Ryuho tentang kehidupan, mulai dari filosofi "I'm fine", analogi fighter plane pilot, pemilihan buku dan segala inputmu, sampai dengan hal-hal lainnya.


Di situ juga ada bahasan tentang berpikir sederhana, sebelum kemudian pada bagian akhir muncul bahasan berpikir besar. Awalnya aku berpikir itu kontras, tapi mungkin juga tidak karena berpikir sederhana yang dimaksud di sini adalah intinya saja (berpikir yang inti/penting).


Buku ini unik dan termasuk salah satu yang bikin aku iri karena format menulis dia itu bebas. Mayoritas isinya itu ditulis per baris satu kalimat. Satu kalimat trus enter, satu kalimat enter, gitu terus. Hanya beberapa yang tidak. Terkesan kayak menuh-menuhin halaman ya? Tapi enak bacanya.


Oh ya, pertama aku baca buku ini itu aku cukup tertarik dengan perspektif uniknya, sampai kemudian pada bagian yang agak tengah aku mulai merasakan dia "Jepang banget." Aura pekerja kerasnya, workaholiknya, perfeksionisnya, terlalu mandirinya, pemikirannya yang kurang memperhatikan diri sendiri dan lebih memperhatikan orang lain, tiba-tiba membawaku pada asosiasi ciri-ciri avoidant dan gambaran orang Jepang yang kuketahui sehari-hari, baik dari TV, film, atau lainnya (yang kemudian dijelaskan oleh penulis budaya kerja Jepang tidak workaholik seperti itu, itu budaya kerja di US).


Jadi, aku memandang buku ini ada bagian nggak sehatnya juga. Kalau kamu mo baca atau nerapin yang diajarkan itu perlu disaring dulu.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.