05 Juli 2020

Cara Mendaftar ke Aplikasi HalloBunda


Anda kesulitan registrasi atau daftar di aplikasi Hallobunda? Sama. Saya dan Anda tidak sendiri kok, banyak yang mengalami hal serupa. Lho, kok tahu? Tahu dari mana? Rating aplikasinya yang memberi tahu saya.

Wah, berat. Padahal, saya termasuk generasi yang sudah akrab dengan internet dibandingkan generasi-generasi sebelum saya. Bagaimana dengan yang seumuran orangtua saya atau bahkan kakek nenek, pasti lebih kesulitan lagi.

Sebelumnya untuk merujuk ke RS. Dr. Soetomo, keluarga saya harus melalui RSUD. Sidoarjo, tetapi kemudian dipindahkan ke RS. Bunda Jl. Kundi. Itupun registrasinya dulu melalui sms, jadi sudah bisa lah ya generasi-generasi tua melakukannya. Nah, begitu proses registrasinya dialihkan ke aplikasi, Ibu saya mulai bingung. Aplikasinya memang tidak user friendly (ramah pengguna) sih, jadi bukan salah Ibu juga.

Singkat kata, saya yang membantu. Di situ ada isian yang saya tidak tahu, “ID rekam medis”, ini diisi apa? Apa nomer BPJS, nomer rujukan, atau apa? Kami bingung karena bukan pasien RS. Bunda, tetapi hanya meminta rujukan. Sementara itu tetangga yang kami tanya juga dapat nomer rekam medisnya dari memotret sendiri curi-curi saat berobat di RS. Bunda. Nomer manakah yang dimaksud? Apa kami punya, atau kami memilih opsi “Pasien Baru?” Ibu bilang dulu pernah ditolak saat meminta nomer, karena dianggap bukan pasien sana.

Pusing saya. Dari mulai browsing Google, nyari di Youtube, sampai tanya tetangga, hasilnya mengecewakan. Tiba-tiba, “Tink”, tercetuslah ide untuk mengintip website dan medsos Bunda-nya. IG rumah sakit Bunda tidak ada, tetapi FB-nya memberi saya pencerahan. Status Facebooknya yang teratas memuat 3 nomer call center.

Oke, saya telepon WA nomer pertama, di-reject saudara-saudara. Saya pun coba chat WA biasa, barangkali memang tidak mau ditelepon, sambil chat nomer WA ke dua. Ini inisiatif saya sendiri sih, karena Ibu selalu ingin langsung datang dan tanya orangnya. Begitupun tetangga, menyarankan langsung tanya ke front office di sana. Bagi saya males-malesi banget, nggak praktis. Coba dulu deh jarak jauh, mungkin bisa. Dari 2 call center, petugas di nomer pertama memiliki kemampuan pemahaman tulisan yang lebih baik. Akhirnya saya memilih mengamanahkan urusan padanya.

Horee ... akhirnya dapat. Sebuah nomer rekam medis masuk ke HP saya. Tetapi ... gagal terus, muncul tulisan harus mengulang pendaftaran. Saya berpikir, mungkin karena saya biarkan aplikasinya kelamaan, jadi kembali lagi ke awal. Saya ulang lagi prosesnya yang membuat “tangan keriting”, terutama pada bagian tanggal lahir yang harus scroll jauh dari tahun 2020 ke tahun dan tanggal lahir pasien. Huaaaa ... stres, ingin teriak rasanya. Masih gagal juga. Bukan karena kelamaan ternyata. Itu di bagian bawah sendiri pada formulir registrasi ada gambar panah ke kanan, saya klik berkali-kali tidak ada efeknya. Tahunya apa? Digeser saudara-saudara. Oh, no, pliz deh.

Oke deh, sekarang sudah terbuka aplikasinya, tapi kok pada “AKUN” ada tulisan “Anda sedang menggunakan akun temporari, silakan divalidasi dulu”? Bila Anda menemukan ini, abaikan saja. Langsung saja lanjut klik bagian “JADWAL”. Pada bagian jadwal, pilih poli yang Anda tuju dengan klik gambar pada polinya. Selanjutnya akan muncul nama-nama dokter pada poli tersebut beserta jadwal praktek dan kuotanya. Pada tulisan hari, jam, dan kuota, Anda geser dengan menyapukan tangan ke kiri untuk menemukan hari dan jam yang Anda inginkan, lalu klik tombol “DAFTAR”. Atau, Anda bisa melihat jadwal dokter-dokter di bawahnya, mungkin ada jadwal yang lebih cocok. Sudah deh, muncul tulisan “Anda berhasil terdaftar”.

Lho, terus? Ibu protes, “Lho, yang udah terdaftar itu dapat nomer, kok.” Saya bingung lagi deh. Di mana kau nomer? Eh, ternyata nomernya ada di bagian “Beranda”. Jadi, klik “Beranda” ya. Kalau sudah akan muncul nomer antrian kita. Nanti nomer itu dibawa atau diingat-ingat ya saat datang ke rumah sakit Bunda.

Terakhir, kalau Anda sudah datang sesuai jadwal, kunjungan Anda ke rumah sakit akan terekam di bagian “RIWAYAT”. Sudah, begitu saja. Pusing nggak bacanya? Saya saja pusing nulis-nya.

Oke, begini urutannya (nggak usah pake diagram/gambar gpp ya, males bikinnya):

1.    Instal aplikasi HalloBunda di Google Playstore.
2.    Bila Anda belum tahu ID Rekam Medis atau ingin bertanya, hubungi Call Center RS Bunda di nomer (satunya belum saya simpan), nanti akan diminta untuk mengirim foto BPJS/KIS-nya:
085790333472
082232140899
3.    Isi formulir pada aplikasi dengan lengkap, lalu klik dan geser panah paling bawah ke kiri.
4.    Klik “JADWAL” pada bagian bawah sendiri.
5.    Klik pada gambar “Poli yang dituju”.
6.    Cari dokter yang Anda inginkan, geser-geser harinya sampai ketemu jadwal yang sesuai harapan Anda.
7.    Klik “DAFTAR”.
8.    Pilih tanggalnya, kategori, dan centang bagian kotak kosongnya sesuai kondisi Anda.
9.    Klik “Beranda” pada bagian bawah sendiri. Di situ akan muncul nomer Antrian Anda.
10.      Simpan, bawa, dan ingat-ingat nomer Anda tersebut.
11.   Datang sesuai dengan jadwal yang sudah tertera.

Semoga terbantu ya, dan semoga lancar urusannya dan cepat sehat kembali.

NB:
Ketika saya selesai menulis ini saya menemukan ternyata web aplikasi Bunda sudah ada (posting gambarnya tertanggal kemarin), jadi bila belum jelas juga bisa menuju websitenya, di sana ada gambarnya. Klik https://hallobunda.net/    atau kontak call centernya lagi.

Update:
Kontak sekarang yang bisa dihubungi:

Digital Marketing HalloBunda

Jadi, sekarang kalau mau daftar HalloBunda atau punya kesulitan apa pun kontak Digmar Sda di atas ya, yang akun bisnis. 

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.