20 April 2018

19 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Digital Marketing


19 Hal yang Perlu Diperhatikan di Dalam Digital Marketing
Digital marketing

Di era digital ini pemasaran pun merambah ke dunia digital. Peralihan dari metode online ke offline tersebut menimbulkan konsekuensi berupa penyesuaian-penyesuaian strategi di dalamnya. 

Tidak bisa dibilang lebih mudah atau lebih sulit, keduanya memiliki tantangan sendiri-sendiri.

Di dalam digital marketing (pemasaran digital) setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

1.    Melakukan survei/riset
2.    Posting multifoto
3. Posting bukti-bukti bahwa usaha Anda terpercaya, misalnya testimoni, sertifikat, bukti kirim, dan lain-lain.
4.    Bila dibutuhkan, gunakan form dari google doc untuk memudahkan pengumpulan data.
5.    Gunakan teknik story telling.
6.    Tingkatkan keterlibatan pembaca dan konsumen, misalnya dengan kuis, TTS, giveaway, pertanyaan, dan lain-lain.
7.    Konten jelas sehingga tidak banyak pertanyaan, dan menarik.
8. Konten marketing berbicara tentang customer/pembeli, bukan produk atau Anda sendiri.
9.    Konten sebaiknya orisinil/asli, tidak copas, merefleksikan merek, dan relevan dengan kebutuhan customer, lalu disebarkan.
Misalnya:
Konten Maybelline, berisi make up trends, make up tips, beauty looks, dan informasi seputar kecantikan.
Sedangkan konten Sephora berisi tentang aplikasi pocket contour (contouring class).
10. Temukan konten yang ingin dibaca oleh customer: bermanfaat, menginspirasi, dan dicari oleh target konsumen.
11.   Konten berhubungan dengan karakter merek.
12.   Perhatikan momen (pas timingnya/waktunya).
13.   Lakukan monopoli, yaitu dengan memilih tema unik dan beda dari yang lain.
14.   Manfaatkan multiscreen, dengan cara hadir dalam berbagai format dan platform.
15.   Tentukan tujuan, untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan brand?
16.   Petakan audiens atau target.
Siapa segmennya?
Harus sangat spesifik.
Gunakan parameter geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
Cari tahu apa hasrat, kegalauan, kebutuhan, dan aspirasi target audiens.
17.   Perhatikan ide dan perencanaan konten: tema, format, dan narasi yang solid.
Harus sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter brand.
18.   Evaluasi apakah kesulitan terjadi pada isi, konten, tema, format, atau distribusi.
19.   Ketahui point of view audiens (sudut pandang pembaca)

Nah, itu adalah 19 teknik marketing online yang bisa Anda coba untuk membantu meningkatkan penjualan atau membangun branding Anda.

Sumber:
Kartikasari, N. 2017. Viral, Gebrakan Kekinian Public Relations di Era Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumber gambar: Pixabay